Hedging in political discourse: Barack Obama's 2012 Presidential press conferences / Wahyu Kresnanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hedging in political discourse: Barack Obama's 2012 Presidential press conferences / Wahyu Kresnanto

Kresnanto, Wahyu (2012) Hedging in political discourse: Barack Obama's 2012 Presidential press conferences / Wahyu Kresnanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hedges Hedging Wacana Politik Retorika Hedging dideskripsikan sebagai strategi retorika untuk menyelamatkan muka politikus. Para ahli berpendapat bahwa strategi tersebut mampu melindungi seorang politisi dari kemungkinan adanya sangkalan dari pihak lain. Karena retorika dipandang sebagai senjata untuk menang atau kalah para politikus tidak akan pernah mau mengambil resiko untuk melakukan tindakan spontan saat situasi dan kondisi rentan dan rawan. Mereka peduli atas konsekuensi dari kesalahan dalam komunikasi publik. Dalam konteks tersebut hedges berperan sebagai media untuk menjaga prinsip kehati-hatian dalam beretorika. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan investigasi terhadap penggunaan hedges Barack Obama dalam konferensi pers kepresidenan tahun 2012. Fokus dari penelitian yaitu untuk menganalisa strategi dan maksud hedges Obama dalam konteks mencolok dan tersembunyi. Taksonomi hedging yang diusulkan Bruce (2010) merupakan pijakan dasar untuk menganalisa fenomena bahasa dari hedges. Untuk mewujudkan temuan yang reliabel metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif sebagaimana umumnya digunakan dalam penelitian bahasa. Hasil temuan menunjukkan Obama menggunakan sebanyak 840 hedges mencolok dan 37 secara tersembunyi. Dalam hal hedges mencolok Obama cenderung menggunakan strategi modality sebagai hedges. Strategi tersebut jauh mengungguli strategi hedging lainnya (frekuensi 382 persentase 46.93%). Studi yang lebih mendalam menunjukkan Obama terlihat samar-samar tentatif dan tidak memiliki komitmen yang kuat terhadap proposisi. Mengenai strategi hedging secara tersembunyi Obama banyak terdeteksi melakukan penghindaran terhadap isu-isu sensitif dengan menggunakan strategi pengalihan topik generalisasi dan pengabaian serta strategi pendelegasian jawaban pada pihak lain. Kesimpulannya hedging dalam wacana politik utamanya digunakan sebagai strategi penghindaran untuk menyelamatkan muka politikus. Hedges merupakan strategi retorika untuk membentengi politikus dari berbagai kesalahan retorika. Hedges juga merepresentasikan media penyampaian pesan tidak langsung sebagai media pengejawantahan derajat kesopanan. Saran dari peneliti untuk studi di masa depan penelitian lintas linguistik di mana hedges digunakan dalam berbagai jenis wacana 8722 lintas bahasa dan budaya 8722 sangat menantang dan layak untuk dieksplorasi lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245143

Actions (login required)

View Item View Item