A study on intrinsic motivation to speak english of the seventh graders of SMP laboratorium, Universitas Negeri Malang / Indah Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

A study on intrinsic motivation to speak english of the seventh graders of SMP laboratorium, Universitas Negeri Malang / Indah Permatasari

Permatasari, Indah (2012) A study on intrinsic motivation to speak english of the seventh graders of SMP laboratorium, Universitas Negeri Malang / Indah Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci motivasi intrinsik berbicara bahasa Inggris siswa kelas tujuh Karena keterampilan berbicara Bahasa Inggris dinilai semakin penting di Indonesia para siswa ditargetkan mampu berbicara Bahasa Inggris. Namun demikian siswa kelas tujuh SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM) cenderung mengalami kesulitan dalam berbicara Bahasa Inggris. Beberapa siswa enggan berbicara Bahasa Inggris. Penelitian ini difokuskan pada motivasi intrinsik siswa untuk berbicara Bahasa Inggris dengan anggapan bahwa motivasi intrinsik siswalah yang menyebabkan mereka enggan berbicara bahasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) motivasi intrinsik dalam berbicara Bahasa Inggris siswa kelas tujuh SMP Laboratorium UM dan (2) faktor-faktor yang meningkatkan dan menurunkan motivasi intrinsik mereka dalam berbicara Bahasa Inggris. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif karena tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi intrinsik siswa dalam berbicara Bahasa Inggris dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dari penelitian ini adalah 33 siswa kelas VII-E beserta guru Bahasa Inggrisnya. Pengumpulan data dilakukan pada bulan November 2012 melalui angket panduan observasi dan panduan wawancara. Data dari angket dianalisis dengan cara menghitung persentase respons siswa terhadap tiap butir pernyataan. Data dari panduan observasi dan wawancara dipaparkan secara deskriptif dalam bentuk pernyataan opini komentar dan saran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keseluruhan dari sembilan aspek tentang motivasi intrinsik ada tetapi beberapa siswa menyatakan kurang setuju dengan tiga aspek dari kesembilan aspek tersebut (aspek tentang keikutsertaan dalam berbicara Bahasa Inggris atas kemauan sendiri antusiasme dalam berbicara Bahasa Inggris dan pandangan siswa terhadap kemandirian diri untuk berbicara Bahasa Inggris) dan (2) faktor yang menaikkan motivasi intrinsik siswa yaitu guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan pilihan-pilihan menyajikan pembelajaran dalam konteks yang menarik pembelajaran dikaitkan dengan topik-topik yang diminati siswa memberi tahu siswa bahwa melakukan kesalahan-kesalahan merupakan bagian yang penting dalam proses belajar dan sebagainya sedangkan faktor yang menurunkan motivasi intrinsik siswa yaitu guru menggunakan pujian yang tidak sistematis atau acak. Berdasarkan hasil penelitian ini guru disarankan meningkatkan motivasi intrinsik siswa dengan memberikan pujian-pujian yang efektif dan mengaplikasi-kan lebih banyak permainan-permainan atau simulasi yang dapat membuat siswa antusias dalam berbicara Bahasa Inggris. Untuk peneliti selanjutnya yang tertarik melakukan penelitian yang sama disarankan untuk menambah jadwal waktu obervasi sehingga temuan yang didapat akan lebih kaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245141

Actions (login required)

View Item View Item