Proportion of language skills in English textbook English On Sky 1 / Andri Wibisono - Repositori Universitas Negeri Malang

Proportion of language skills in English textbook English On Sky 1 / Andri Wibisono

Wibisono, Andri (2013) Proportion of language skills in English textbook English On Sky 1 / Andri Wibisono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci proporsi keterampilan bahasa Inggris buku pelajaran bahasa Inggris keseimbangan penyajian Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa buku bahasa Inggris English on Sky 1 yang diterbitkan oleh Erlangga. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengalanisa proporsi dari penyajian keterampilan dalam berbahasa Inggris yang terdapat pada sebuah buku teks yang ditunjukkan oleh kegiatan-kegiatan yang ada pada buku teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahqualitative evaluative yang mana penulis akan melakukan evaluasi dan dan menjabarkannya secara deskriptif. Penulis mengevaluasi setiap unit yang ada pada buku tersebut untuk mengumpulkan informasi tentang proporsi penyajian keterampilan berbahasa Inggris. Data dikumpulkan dan dianalisa dengan menggunakan checklist sebagai instrumennya.Checklist tersebut berisi seluruh kegiatan yang ada di dalam buku dan dikembangkan sendiri oleh penulis. Checklist yang digunakan juga telah divalidasi oleh pembimbing penelitian ini. Kemudian data yang didapat diinterpretasikan dengan menggunakan persentase. Buku teks Bahasa Inggris English On Sky 1 memiliki tujuh unit. Setiap unit memiliki dua bagian utama Lets listen and talk dan Let s read and write. Setiap bagian dibagi kembali menjadi empat bagian yang berbeda Let s build the field Let s learn the model Let s learn to construct text dan Let s construct text. setiap ketrampilan yang disajikan pada setiap kegiatan ditentukan oleh jenis dari latihan yang terdapat pada setiap kegiatan. Setiap kegiatan mempunyai kemungkinan untuk menyajikan lebih dari satu ketrampilan Secara keseluruhan buku teks English on Sky 1 menyajikan keterampilan menulis (writing) dengan persentase sebesar 29% diikuti dengan keterampilan berbicara (speaking) dengan persentase 26% mendengarkan (listening) dengan 25% dan membaca (reading) 20%. Hal tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar kegiatan yang ada lebih menonjolkan keterampian menulis. Namun keterampilan berbicara dan mendengarkan masih memiliki porsi yang besar yang dapat membuat peserta didik menjadi komunikatif. Keterampilan membaca memiliki porsi paling sedikit karena masih sedikitnya jenis teks yang diperkenalkan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil yang ada buku teks tersebut bagus untu para peserta didik karena buku tersebut dibuat berdasarkan standar yang diberikan oleh pemerintah. Buku ini juga memiliki banyak kegiatan yang menintegrasikan ketrampilan berbahasa Inggris. Pada sebuah kegiatan memungkinan untuk para peserta didik belajar berbicara dan membaca. Tujuan penulis dalam memberikan proporsi yang besar kepada ketrampilan menulis adalah untuk meminimalisasi kesalahan dan meningkatkan rasa percaya diri para peserta didik. Kelemahan dari buku ini adala porsi ketrampilan membaca yang rendah. Berdasarkan kesimpulan penulis buku teks disarankan untuk meningkatkan kualitas buku dengan menambahkan lebih banyak kegiatan yang menyajikan keterampilan membaca yang dapat dipadukan dengan keterampilan berbicara. Penulis dari buku juga disarankan untuk menambahkan jenis teks yang ada karena saat ujian nasional para peserta didik akan dihadapkan dengan banyak bacaan. Terlebih lagi untuk para guru disarankan untuk mengambil contoh teks diluar buku teks yang dapat dipadukan dengan materi yang ada pada buku itu sendiri untuk menutupi kekurangan teks yang ada..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245131

Actions (login required)

View Item View Item