Using the four-square writing method to improve eleventh graders' ability of writing hortatory exposition text at MAN Keboan Jombang / Arum Puspita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Using the four-square writing method to improve eleventh graders' ability of writing hortatory exposition text at MAN Keboan Jombang / Arum Puspita Dewi

Dewi, Arum Puspita (2013) Using the four-square writing method to improve eleventh graders' ability of writing hortatory exposition text at MAN Keboan Jombang / Arum Puspita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode penulisan Four-Square kemampuan menulis teks hortatory exposition Menulis adalah proses mengubah suatu gagasan menjadi tulisan yang melibatkan beberapa tahapan. Akan tetapi masih banyak guru yang kurang menyadari pentingnya mengajar tahapan penulisan kepada siswa karena lebih fokus pada hasil akhir. Akibatnya kemampuan menulis siswa menjadi tidak terlalu bagus. Hal serupa juga terjadi di MAN Keboan Jombang. Oleh karena itulah peneliti bermaksud untuk membantu siswa-siswa di MAN Keboan Jombang untuk mengatasi kesulitan yang mereka alami dalam menulis melalui penerapan metode penulisan Four-Square. Metode ini meliputi beberapa tahapan dan menggunakan organisator grafik sederhana. Melalui beberapa tahapan menulis dalam metode penulisan Four-Square siswa dibimbing untuk membuat outline sebelum mengambangkannya menjadi teks yang utuh. Prosedur dari metode penulisan Four-Square ini meliputi (1) Menuliskan gagasan utama pada kotak yang terdapat di tengah Four-Square (2) Menuliskan tiga argumen (3) Menambahkan detil informasi (4) Menuliskan ringkasan and (5) Menambahkan kata hubung. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan penerapan pengamatan dan perefleksian. Subyek dari penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas XI IPA 1 di MAN Keboan Jombang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi kuisioner daftar pertanyaan wawancara ceklis observasi field notes dan rubrik penilaian. Kriteria kesuksesan dari penelitian ini adalah 75% siswa dapat memperoleh nilai diatas 70 dan 60% siswa ikut terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Hasil temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa metode penulisan Four-Square merupakan strategi yang efektif untuk mengajar menulis. Tahapan metode penulisan Four-Square yang diikuti dengan instruksi-instruksi yang jelas dan sederhana memfasilitasi siswa dalam menulis teks hortatory exposition dengan mudah. Sebagai hasilnya kesulitan siswa dalam menulis secara bertahap dapat dipecahkan seiring dengan penerapan metode penulisan Four-Square. Hal ini didukung dengan meningkatnya nilai menulis siswa dimana 16 dari 20 siswa (80%) mendapat nilai diatas 70 dengan rata-rata nilai 75 1. Selain itu hampir keseluruhan siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar melalui menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peneliti dan berpartisipasi dalam diskusi. Berdasarkan hasil temuan di atas peneliti memberikan dua saran. Untuk guru Bahasa Inggris peneliti menyarankan agar menerapkan metode penulisan Four-Square dalam mengajar menulis untuk meningkatkan kemampuan menulis siswanya. Sedangkan penelitian lanjutan disarankan pada penerapan metode penulisan Four-Square untuk jenis teks yag lain dan di level pendidikan yang lebih rendah misalnya di SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245130

Actions (login required)

View Item View Item