Using K-W-L strategy to improve the reading comprehension of the seventh graders of SMP Negeri 8 Malang / Pusfika Rayuningtya - Repositori Universitas Negeri Malang

Using K-W-L strategy to improve the reading comprehension of the seventh graders of SMP Negeri 8 Malang / Pusfika Rayuningtya

Rayuningtya, Pusfika (2013) Using K-W-L strategy to improve the reading comprehension of the seventh graders of SMP Negeri 8 Malang / Pusfika Rayuningtya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca kosa kata teks deskriptif strategi K-W-L dasar pengetahuan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan seiring dengan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat langkah perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 44 siswa-siswi kelas VII-B siswa SMP Negeri 8 Malang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada preliminary fase hasil menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membaca karena kurangnya penguasaan kosa kata. Oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan kemampuan membaca bersamaan dengan penguasaan kosa kata dengan mengimplementasi strategi K-W-L. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah pedoman wawancara observation checklist kuisioner field notes tes membaca dan kosa kata lembar kerja KWL pekerjaan siswa dalam latihan dan tabel keaktifan siswa. Data dianalisis dan direfleksikan untuk melihat apakah penelitian mencapai kriteria keberhasilan. Kriteria keberhasilan adalah 70% siswa melewati standar nilai minimal yaitu 75 dan minimal 60% siswa aktif selama proses belajar mengajar di kelas. Peneliti bersama dengan guru bahasa Inggris menentukan kriteria keberhasilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi K-W-L meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca dan penguasaan kosa kata. Dari siklus II 87% siswa mencapai standar nilai minimal dan 100% siswa aktif selama proses belajar mengajar mengajar. Dalam pelaksanaan strategi peneliti membagikan lembar latihan K-W-L yang dibagi dalam tiga kolom yaitu kolom K W dan L kepada setiap siswa. Sebelum memulai pelajaran peneliti memberitahukan topik untuk teks yang akan dibahas pada suatu pertemuan. Kemudia peneliti melaksanakan strategi yang tebagi dalam tiga langkah. Pertama siswa ditugaskan untuk brainstorm setiap informasi dan kosakata yang telah mereka ketahui tentang suatu topik dengan cara mendaftar informasi tersebut dalam kolom K pada lembar kerja. Kedua siswa diminta untuk memikirkan informasi yang ingin mereka ketahui dengan menciptakan pertanyaan untuk ditulis dalam kolom W pada lembar kerja. Terakhir siswa ditugaskan untuk menuliskan informasi dan kosakata yang mereka dapat setelah membaca teks dengan menjawab pertanyaan yang mereka buat sebelumnya dan menuliskan kosakata yang baru mereka pelajari dalam teks. Karena strategi K-W-L juga digunakan untuk mengajar kosa kata kamus digunakan selama proses belajar mengajar untuk mencari arti kata-kata sulit yang terdapat dalam teks. Dalam menerapkan strategi ini siswa ditugaskan untuk bekerja secara individual atau berkelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada para guru Bahasa Inggris agar menerapkan strategi K-W-L sebagai salah satu teknik mengajar terutama untuk mengajar skill membaca untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan dan penguasaan kosa kata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245117

Actions (login required)

View Item View Item