Reading ability of eight graders and teaching reading strategy in SMP N 2 Malang / Cindy Swastika - Repositori Universitas Negeri Malang

Reading ability of eight graders and teaching reading strategy in SMP N 2 Malang / Cindy Swastika

Swastika, Cindy (2013) Reading ability of eight graders and teaching reading strategy in SMP N 2 Malang / Cindy Swastika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan membaca reguler bilingual Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Indonesia. Bahasa Inggris merupakan pelajaran utsma di sekolah seperti SD SMP dan SMA. Di dalam ujuian nasional Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran penentu kelulusan seorang murid. Dengan kata lain bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang sangat penting. Kemampuan dalam menggunakan Bahasa Inggris sangat penting. Ada empat macam keahlian dalam bahasa Inggris yang seorang murid harus pelajari. Diantaranya membaca mendengarkan berbicara dan menulis. Masing-masing keahlian memegang peranan penting. Tetapi dalam pendidikan sepertinya keahlian membaca yang memegang peranan yang lebih besar. Buktinya ialah dalam ujian nasional soal yang diujikan kebanyakan hanya menguji kemampuan membaca murid. Dalam rangka mengoptimalkan kemampuan membaca Bahasa Inggris seorang murid banyak sekolah yang menyediakan kelas bilingual disamping kelas reguler. Di sekolah tersebut memberikan berbagai macam program tambahan untuk kelas bilingual. Diharapkan bahwa kelas bilingual tersebut dapat meraih prestasi yang lebih tinggi. Dengan melihat fenomena ini akhirnya peneliti memilih untuk mengangkatnya ke dalam penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti mencoba untuk mengidentifikasi memecahkan masalah dan menjabarkan kemampuan membaca dan strategi mengajar reading yang digunakan di SMPN 2 Malang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan interview kuesioner dan tes. Penemuan data menunjukkan bahwa (1 )kemampuan membaca bahasa Inggris kelas 8 bilingual lebih tinggi dari pada kelas reguler. (2) strategi mengajar membaca yang digunakan guru kelas bilingual hampir sama dengan guru kelas reguler. Akan tetapi ada beberapa strategi yang tidak digunakan oleh guru kelas reguler. Begitu pula sebaliknya.(3) Terdapat beberapa program tambahan yang diperuntukkan khusus murid- murid kelas bilingual Akhirnya disarankan kepada guru untuk tidak menggunakan strategy yang sama di setiap saat. Guru guru bisa saling berbagi strategy yang mereka rasa bisa meningkatkan kemampuan membaca murid. Penelitian ini diharapkan dapat membantu kepala sekolah dalam menentukan kebijakan untuk meningkatkan prestasi murid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245116

Actions (login required)

View Item View Item