Developing role-play cards as the media for assessing speaking skill of seventh grade students / Bila Nastiti Tasaufi - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing role-play cards as the media for assessing speaking skill of seventh grade students / Bila Nastiti Tasaufi

Tasaufi, Bila Nastiti (2013) Developing role-play cards as the media for assessing speaking skill of seventh grade students / Bila Nastiti Tasaufi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keywords pengembangan kartu bermain peran kemampuan berbicara sekolah menengah pertama Keterbatasan media dan tugas dalam berbicara bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Tumpang adalah alas an utama dilaksanakannya penelitian ini.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan satu paket kartu bermain peran yang dapat digunakan sebagai media untuk menilai kemampuan berbicara. Jumlah kartu bermain peran yang dibuat adalah tiga puluh pasang kartu. Kartu yang dikembangkan meliputi kemampuan untuk meminta dan memberi jasa barang dan fakta yang tercantum dalam kompetensi dasar berbicara dari kelas tujuh di semester dua. Penelitian ini terklasifikasikan dalan penelitian dan pengembangan karena hasil akhir dari penelitian ini adalah produk untuk tujuan pendidikan. Model dari penilitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluation). Prosedur yang digunakan mengacu pada model penelitian yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Analisis atau dapat disebut sebagai analisis kebutuhan bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi siswa dan guru berkaitan dengan activitas berbicara bahasa Inggris. Tahap desain berupa proses pembuatan draf awal dari produk yang terdiri atas mendesain materi dan draf gambar. Tahap pengembangan adalah proses perwujudan dan produksi produk. Implementasi terdiri dari validasi teoritis dan empiris. Validasi empiris terdiri atas validasi ahli beserta revisi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang meliputi saran dan komentar. Validasi empiris meliputi try out product dan revisi. Try out dilaksanakan dua kali. Evaluasi adalah proses untuk menentukan kepantasan dari produk yang dikembangkan. Hasil dari analisis (analisis kebutuhan) adalah tugas untuk aktivitas berbicara bahasa Inggris yang pernah dilakukan siswa adalah mendeskripsikan benda menggunakan peta. Siswa belum pernah berlatih tansaksional dan interpersonal dialog pada semester pertama. Peneliti memutuskan untuk mendesain dan mengembangkan produk untuk kompetensi dasar tersebut. Try out pertama dilakukan di kelas VII B di SMP Negeri 1 Tumpang pada tanggal 27 Februari 2013. Try out kedua dilakukan di kelas VII A di sekolah yang sama pada tanggal 7 Maret 2013. Data yang diperoleh berdasarkan komentar guru siswa dan peneliti itu sendiri. Secara general siswa dan guru memberikan kesan positif terhadap produk ini. Mereka mengatakan bahwa kartu bermain peran memiliki gambar yang menarik dan teknik yang digunakan membantu untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris. Produk ini juga dapat menambah kepercayaan diri siswa sehingga guru dapat dengan mudah menilai performa siswa. Produk akhir pengembangan ini berupa kotak yang berisi tiga puluh pasang kartu bermain peran panduan yang terdiri atas tujuan pembelajaan spesifikasi produk petunjuk penggunaan contoh percakapan dan rubric penilaian berbicara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil yang diperoleh adalah kartu bermain pean berguna dan menarik bagi siswa untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris. Siswa merasa terbantu karena produk ini terdapat situasi untu bermain peran yang dapat digunakan sebagai alat bantu. Beberapa saran ditambahkan untuk guru bahasa Inggris dan peneliti selanjutnya. Guru bahasa Inggris dapat merencanakan kegiatan lanjutan untuk mendiskusikan hasil performa siswa yang bertujuan agar siswa berkembang dari umpan balik guru. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan produk kartu bermain peran yang lebih menarik untuk topik yang lain dan angkatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245115

Actions (login required)

View Item View Item