A study on English extracurricular activities at SMPN 2 Pandaan / Asfarinah Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

A study on English extracurricular activities at SMPN 2 Pandaan / Asfarinah Hidayah

Hidayah, Asfarinah (2013) A study on English extracurricular activities at SMPN 2 Pandaan / Asfarinah Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayah Asfarinah. 2013. A Study on the English Extracurricular Activities at SMPN 2Pandaan. Skripsi.JurusanBahasaInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang Drs. H. Murdibjono M.A. Key words English club pembinaan kegiatanekstrakurikuler instruktur Saat ini pengajaran bahasa Inggris di Indonesia menjadi sangat penting. Hal ini tidak hanya disebabkankarena bahasa Inggris masih menjadi bahasa yang paling banyakdipakai di dunia namun karena pemerintah telah menjadikan pelajaran bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib di sekolah menengah baik SMP dan SMA. Selain itu pemerintah menetapkan tujuan yang spesifik dalam standar isi (standar kompetensi dan kompetensidasar) bahwa siswa harus dapat menggunakan bahasa dalam literasi tertentu berdasarkan tingkat pendidikan mereka. Untuk memenuhi target tersebut beberapa sekolah memfasilitasi para siswa mereka dengan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris karena guru tidak dapat bergantung hanyapada pengajaran bahasa Inggris di kelas formal karena waktu sangat terbatas. Membentuk kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris tampak menguntungkan karena para siswa akan memiliki lebih banyak waktu dan eksposur lebih banyak tentang bahasa Inggris. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk mengakui bagaimana pelaksanaankegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris. Untuk memperoleh data desain penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Subyek penelitian adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMPN 2 Pandaan. Data yang dikumpulkan peneliti adalah tujuan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris fasilitas yang disediakanolehsekolahuntuk kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris media dan materi belajar dalam kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris teknikmengajar yang digunakandalamkegiatanekstrakurikulerbahasaInggris dan pendapat para siswa mengenai kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara kuesioner catatan lapangan dan dokumentasi.Data dianalisis secara deskriptif. Data yang dijelaskan kemudian dituangkan ke dalam beberapa kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris di SMPN 2 Pandaan. Mereka adalah English Club and Pembinaan. Setiap kegiatan memiliki tujuan yang berbeda. English Club memiliki tujuan untuk mempersiapkan siswa untuk hari bahasa Inggris dan Pembinaan memiliki tujuan untuk mempersiapkan siswa untuk kompetisi bahasa Inggris atau Olimpiade. Fasilitas yang disediakan untuk duakegiatan tersebuthampir sama. Fasilitastersebut adalah laboratorium bahasa perpustakaan dan sebuah ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar. Media yang digunakan di English Club dan Pembinaan sebagian besar berupatechnical media seperti LCD laptop proyektor dan speaker. Instruktur memilih media dengan mempertimbangkan bahan yang akandiajarkan. Materi yang diajarkan di English Club didasarkan pada standar isi untuk SMP dan materi yang diajarkan di Pembinaan didasarkan pada materiOlimpiade bahasaInggris. Sayangnya materiyang diajarkandi English Club tidak sejalan dengan tujuan pendirian program. Teknik pengajaran yang diterapkan di English Club terdiri dari tiga controlled techniques empat semi controlled techniques dan dua free techniques. Controlled techniques terdiridari(1) setting (2) dialogue/narrative recitation and (3) review. Semi controlled techniques terdiridari (1) brainstorming (2) cued narrative dialogues (3) information transfer and (4) wrap-up. Free techniques terdiridari (1) role play (2) games (3) discussion and (4) a propos. Sementara itu teknik pengajaran yang diterapkan di Pembinaan terdiri dari sembilan controlled techniques tiga semi controlled techniques dan dua free techniques. Controlled techniques terdiriatas(1) setting (2) organizational (3) content explanation (4) dialogue or narrative presentation (5) reading aloud (6) checking (7) question answer (8) review and (9) testing. Semi controlled techniques terdiriatas (1) story-telling (2) question answer and (3) wrap up. Free techniques terdiriatas (1) role plays and (2) propos. Pendapat para siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler bahasaInggris baik. Para siswa senang bergabung dengan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris baik Pembinaan atau English club. Pendapat mahasiswa terhadap teknik pengajaran yang diterapkan oleh instrukturpositif. Pendapat para siswa tentang fasilitas yang diberikan oleh sekolah jugapositif. Pendapat para siswa tentang media dan materibelajar yang digunakan dalam English club dan Pembinaan baik meskipun ada beberapa siswa yang berpendapat bahwa terdapatbeberapamateribelajar yang dianggap sulit. Penelitian ini memberikan beberapa saran. Pertama-tama instruktur disarankan untuk memilih bahan ajar dan teknik pengajaran yang dapat mempromosikan tujuan dari dibentuknya program ekstrakurikuler bahasa Inggris. Kedua kepala sekolah disarankan untuk memberikan fasilitasyang dianggap kondusif untuk kegiatanbelajarmengajarbahasa Inggrissepertiself-accesscenter. Ketiga para guru dari sekolah lain yang memiliki minat sama dalam membentuk kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris disarankan untuk menentukan tujuan daripendirian program dan memastikan bahwa program tersebutsesuai dengan kebutuhan para siswa yang belajar bahasa Inggris. Selain itu para guru juga disarankan untuk memastikan bahwa siswa mengetahui dengan jelas tentang tujuan dariprogramtersebut. Guru harus menjelaskan target kompetensiyang harus dicapai olehsiswayang mengikuti programtersebut. Akhirnya guru juga harus memilih bahan ajar teknik pengajaran dan media yang dapat memicu siswa untuk mencapai tujuanpelaksanaan program tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245112

Actions (login required)

View Item View Item