Development of an instructional game based on English songs for the teaching of listening / Fajar Dwi Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Development of an instructional game based on English songs for the teaching of listening / Fajar Dwi Nugroho

Nugroho, Fajar Dwi (2013) Development of an instructional game based on English songs for the teaching of listening / Fajar Dwi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugroho Fajar Dwi. 2013. Development of an Instructional Game Based On English Song for the Teaching of Listening. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd M.A. Ph.D. Kata kunci Permainan lagu pembelajaran mendengarkan Telah kita ketahui bersama bahwa bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan masyarakat internasional untuk berkomunikasi satu sama lain.Di Indonesia pembelajaran bahasa Inggris telah diperkenalkan sejak sekolah dasar bahkan sejak taman kanak-kanak. Ada empat ketrampilan yang harus dikuasai dalam bahasa Inggris yaitu mendengarkan membaca menulis dan berbicara. Dari keempat ketrampilan tersebut mendengarkan mempunyai peran yang penting dan bisa dikatakan sebagai pondasi dalam penguasaan bahas Inggris. Hal tersebut bisa dibuktikan pada bayi seorang bayi akan belajar bahasa ibunya melalui suara-suara yang dia dengar di sekitarnya. Terlepas dari hal-hal penting tentang kemampuan mendengarkan pengajaran mendengarkan tidak mendapat perhatian karena ini merupakan kemampuan pasif dan tak perlu diajarkan. Hal lain yang memperburuk keadaan itu adalah sedikitnya materi dan kegiatan yang berhubungan dengan pengajaran bahasa Inggris. Dari apa yang peneliti amati ketika melakukan praktek mengajar. Dia menemukan bahwa kurangnya kegiatan untuk pelajaran mendengarkan. Akan tetapi ketika pembelajaran mendengarkan adalah mendengarkan lagu dan mengisi teks kosong. Siswa menunjukkan ketertarikan. Walaupun pemberian lagutidak termasuk dalam standard isi pendidikan akan tetapi pemberian lagu bisa menjadi pajanan terhadap bahasa inggris dan bisa melatih kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris. Seiring dengan kemajuan teknologi flash movie adalah media yang sangat popular untuk presentasi filem dan alat bantu mengajar. Sehubungan dengan flash movie dan pemanfatan lagu sebagai materi untuk pengajaran mendengarkan. Peneliti mengusulkan untuk membuat game dari flash movie dan menggunakan lagu sebagai materi pokoknya. Dalam mengembangkan media tersebut peneliti menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dicetuskan oleh Borg dan Gall (1983). Ada tujuh tahap yang harus ditempuh sebelum menghasilkan produk akhir. (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) validasi produk oleh ahli (4) revisi (5) ujicoba (6) revisi dan (7) produk akhir. Pada waktu uji coba di SMP Negeri 1 Malang murid-murid 8C Nampak antusias dan murid-murid juga mengatakan bahwa pembelajaran menggunakan media ini menyenangkan. Dari uji coba tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan permainan yang berbasis lagu bahasa Inggris effektif di gunakan dalam pembelajaran Hasil akhir dari penelitian ini berupa flash movie dan sebuah buku petunjuk. Bentuk dari flash movie seperti board game dengan 12 angka pilihan. Sedangkan buku petunjuk berisikan persyaratan kelas yaitu benda yang harus ad di kelas agar permainan menggunakan media ini bisa berlangsun petunjuk untuk guru serta aturan permainan. Untuk penyebaran media ini peneliti memilih menggunakan CD-ROM sebagai media penyimpnan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245097

Actions (login required)

View Item View Item