The implementation of team teaching in English learning of first grader in SMK PGRI 3 Malang / Yeni Fatmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

The implementation of team teaching in English learning of first grader in SMK PGRI 3 Malang / Yeni Fatmasari

Fatmasari, Yeni (2013) The implementation of team teaching in English learning of first grader in SMK PGRI 3 Malang / Yeni Fatmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fatmasari Yeni. 2013. The Implementation of Team Teaching in English Learning of First Grader in SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Widayati M.Ed. Kata Kunci Team teaching Pembelajaran Bahasa Inggris. Team Teaching telah diterapkan pada berbagai tingkat pendidikan seperti Sekolah Menegah Pertama Sekolah Menegah Atas dan bahkan di Universitas. Team Teaching adalah metode mengajar dimana proses mengajarnya dilakukan dengan lebih dari satu guru. Beberapa sekolah di Malang telah menerapkan Team Teaching. Salah satunya adalah SMK PGRI 3 Malang. Team Teaching digunakan pada beberapa mata pelajaran di sekolah ini termasuk Bahasa Inggris. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan dan mendeskripsikan penerapan Team Teaching dalam kelas Bahasa Inggris di SMK PGRI 3 Malang. Penelitian ini metode penelitian descriptive-qualitative yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang sedang terjadi pada setting tertentu dalam bentuk kata-kata yaitu pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan penerapan team teaching pada SMK PGRI 3 Malang. Peran peneliti adalah sebagai pengamat dan sebagai instrumen kunci dalam penelitian ini. Datanya dikumpulkan melalui wawancara dengan Kepala bidang Jurusan Teknik Mesin dan guru Bahasa Inggris team teaching dan melalui kuesioner siswa. Peneliti juga menyusun catatan lapangan untuk memeriksa apakah kumpulan data lainnya benar-benar terjadi dan diterapkan di lapangan. Oleh karena itu data yang di dapat dikelompokkan dan digolongkan berdasarkan rumusan masalah. Berdasarkan temuan data dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu (1) penerapan Team Teaching di SMK PGRI 3 Malang dimulai sejak tahun 1999 dan termasuk Full Team Teaching (2) tujuan dari penerapannya adalah untuk memudahkan guru mengawasi dan menangani kelas dengan siswa yang banyak melayani siswa dengan baik dan merata menjadikan kelas kondusif dan meningkatkan kompetensi guru. (3) Guru Bahasa Inggris Team Teaching merencanakan menerapkan dan melakukan evaluasi bersama-sama team mereka. Mereka tidak memiliki perbedaan proporsi mengajar. (4) siswa memberikan respon yang positif terhadap Team Teaching di kelas mereka. Mereka setuju bahwa pengajaran dengan Team Teaching lebih efektif daripada dengan satu guru. (5) Kelebihannya untuk guru adalah Team Teaching dapat memaksimalkan pengajarannya mereka dapat belajar dari cara mengajar guru lain. Kekurangannya adalah pihak sekolah harus menyiapkan dana lebih karena guru Team Teaching tetap mendapatkan gaji yang sama sesuai jam mengajarnya. (6) hambatan yang ditemukan adalah guru Team Teaching bisa mengalami perbedaan pendapat dengan pasangan mereka. Solusi untuk mengatasinya adalah mereka harus berdiskusi sebelum mereka mengajar untuk menghindari salah persepsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245094

Actions (login required)

View Item View Item