Developing a wordless picture book to teach procedure text for 7th grade students of Junior High School / Afrillia Dwi Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing a wordless picture book to teach procedure text for 7th grade students of Junior High School / Afrillia Dwi Safitri

Safitri, Afrillia Dwi (2013) Developing a wordless picture book to teach procedure text for 7th grade students of Junior High School / Afrillia Dwi Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Safitri Afrillia Dwi. 2012. Developing A Wordless Picture Book to Teach Procedure Text for 7th Grade Students of Junior High School. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Fachrurazzy M.A. Ph.D Kata kunci Buku Bergambar Teks Prosedur 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan Pengembangan (R D) ini bertujuan untuk mengembangkan media pengajaran dalam bentuk buku bergambar tanpa kata-kata untuk mengeksplorasi kemampuan menulis bahasa Inggris peserta didik. Media ini dimaksudkan untuk menarik minat peserta didik dalam mengeksplorasi kemampuan menulis mereka melalui sebuah buku bergambar tanpa kata-kata. Bahan yang dipilih dalam produk ini berdasarkan standar isi dari kementerian pendidikan kurikulum sekolah dan topik yang ada pada lembar kerja peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menerapkan model penelitian dan pengembangan yang di adaptasi dari model Dick dan Carey (1983) dan Borg dan Gall (1983). Dalam penelitian ini terdapat sepuluh tahap (1) mengidentifikasi tujuan (2) analisis kebutuhan (3) mengembangkan produk (4) validasi ahli dan guru (5) revisi (6) uji coba I (7) revisi (8) uji coba II (9) revisi dan (10) produk akhir. Dalam proses pengamatan peneliti melakukan beberapa observasi di kelas selama kurang lebih satu bulan. Kemudian pada tahap analisis kebutuhan dilakukan dengan menggunakan beberapa instrumen yaitu angket pedoman wawancara catatan lapangan dan studi dokumen. Setelah proses tersebut proses pengembangan media dilakukan berupa pembuatan buku bergambar. Setelah itu peneliti meminta validator untuk menguji kelayakan media yang telah dibuat dengan memberikan angket sebagai panduan untuk mengetahui kelemahan and kekuatan dari produk yang ada. Hasil dari angket inilah yang kemudian dibuat untuk merevisi produk sebelum uji coba I dilakukan. Hasil dari uji coba I digunakan sebagai dasar pertimbangan untuk revisi produk. Setelah itu uji coba II dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk secara lebih mendalam yang nantinya hasil dari tahap ini digunakan untuk merevisi produk akhir. Akhirnya hasil akhir dari produk yang dibuat siap untuk digunakan sebagai media pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Uji coba dilakukan dua kali dengan dua kelompok yang berbeda dalam hal jumlah subjek uji coba pertama dilakukan pada peserta didik kelas7E di SMP N 4 Malang sedangkan yang uji coba kedua dilakukan dalam kelompok kecil karena kendala terbatasnya waktu. Ada 40 peserta didik di uji coba pertama dan 10 peserta didik untuk uji coba kedua. Hasil kuesioner dan catatan lapangan dalam uji coba menunjukkan bahwa peserta didik tertarik pada media dan sangat menikmati pelajaran. Mereka ingin berlatih lebih lanjut tentang keterampilan menulis mereka melalui buku bergambar tanpa kata-kata ini. Data didapat dari kuesioner juga menunjukkan bahwa media ini bisa mendorong peserta didik untuk belajar dan menjadi lebih aktif dalam dalam mengeksplorasi keterampilan menulis mereka dengan cara yang menyenangkan. Mereka juga menyukai strategi pengajaran yang mendorong mereka untuk menjadi kreatif dalam menulis teks prosedur. 12288 12288 12288 12288 Produk akhir dari R D ini disajikan dalam bentuk sebuah buku bergambar tanpa kata-kata yang terdiri dari 6 set gambar. Ada dua jenis set gambar (1) bagaimana cara membuat sesuatu (salad buah burger bunga sedotan origami burung) dan (2) bagaimana cara melakukan sesuatu (mengirim email mencetak dokumen). Oleh karena itu buku bergambar tanpa kata-kata ini terdiri dari 6 set gambar dimana peserta didik diharapkan dapat menulis teks prosedur dalam urutan yang benar melalui bantuan media ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245093

Actions (login required)

View Item View Item