Developing interactive CD for vocabulary "Things Around My School" for the seventh graders of SMPN 16 Malang / Asizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing interactive CD for vocabulary "Things Around My School" for the seventh graders of SMPN 16 Malang / Asizah

Asizah (2013) Developing interactive CD for vocabulary "Things Around My School" for the seventh graders of SMPN 16 Malang / Asizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asizah. 2013. Developing Interactive CD for Vocabulary Things around My School for the seventh graders of SMPN 16 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Moh. Adnan Latief M.A. Kata kunci Kosakata CD Interaktif Multimedia Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan CD Interactif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris peserta didik dengan topik Benda-benda Disekitar Sekolahku ( Things around My School ). Materi yang dipilih didasarkan pada Standard Isi silabus dan buku pelajaran peserta didik kelas VII. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIB SMPN 16 Malang. Penelitian ini termasuk Penelitian dan Pengembangan yang diadaptasi dari teori Borg dan Gall (1983). Penilitian ini terdiri dari lima tahap yaitu analisis kebutuhan pengembangan produk validasi teoritis validasi empiris dan produk akhir. Tujuan dari analisis kebutuhan adalah mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh peserta didik dan guru yang berhubungan dengan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Informasi dikumpulkan dari studi pustaka interview guru dan observasi kelas. Pengembangan produk terdiri dari beberapa langkah diantaranya menentukan topik memilih materi memetakan tampilan mendesain storyboard dan menyatukan semua unsur multimedia yang telah dibuat. Validasi teoritis terdiri dari validasi ahli dan revisi. Tanggapan dari ahli dikumpulkan melalui kuesioner dan revisi akan dilakukan berdasarkan tanggapan yang telah diperoleh. Validasi empiris terdiri dari uji coba dan revisi. Uji coba media dilakukan dua kali. Tanggapan dari guru dan peserta didik diperoleh melalui kuesioner. Hasil dari analisis kebutuhan dan validasi teoritis dideskripsikan secara kualitatif sedangkan hasil dari validasi empiris dijelaskan melalui deskripsi kuantitatif menggunakan persentase. Hasil dari analisis kebutuhan ternyata mendukung tujuan dari penelitian ini. Di sekolah tersebut belum ada media yang dapat digunakan untuk pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Guru lebih banyak mengandalkan buku pelajaran dan tidak pernah menggunakan media pembelajaran lain. Uji coba produk pertama mengikutsertakan sembilan peserta didik sedangkan uji coba kedua melibatkan seluruh peserta didik kelas VIIB. Hasil dari uji coba produk tersebut didasarkan pada pandangan dari guru peserta didik dan peneliti. Secara umum guru dan peserta didik memberikan respon positif terhadap produk. Mereka berpendapat bahwa media CD Interaktif tersebut sangat menarik dan membantu mereka belajar kosakata Bahasa Inggris dengan cara yang vii menyenangkan. Media tersebut dapat mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam mempelajari kosakata Bahasa Inggris. Hasil akhir produk berupa aplikasi software yang dikemas dalam sebuah CD dan dilengkapi dengan buku panduan penggunaan. CD tersebut terdiri dari materi pelajaran dan permainan. Materi pelajaran terdiri atas enam subtopik yaitu Kelas-ku Laboratorium Sains-ku Laboratorium Bahasa-ku Perpustakaan-ku Halaman Sekolah-ku dan Kebun Sekolah-ku. Secara keseluruhan CD tersebut memuat 66 kosakata. Permainan yang terdapat dalam CD berupa menjawab pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berhubungan dengan kosakata yang telah diberikan sebelumnya dan terdiri atas tiga macam aktifitas yaitu menebak menyusun dan memasangkan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia CD Interaktif tersebut sangat menarik dan membantu peserta didik untuk belajar kosakata Bahasa Inggris secara menyenangkan. Para peserta didik terdorong untuk belajar kosakata dengan menggunakan CD tersebut dan dengan antusias melakukan aktifitas yang disediakan. Peneliti memberikan beberapa saran untuk guru Bahasa Inggris dan peneliti selanjutnya. Bagi guru peneliti berharap bahwa guru dapat menggunakan CD Interaktif ini sebagai salah satu media mengajar kosakata Bahasa Inggris. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan CD Interaktif lain yang lebih menarik dengan topik dan kelas yang berbeda. Selain itu kelemahan dari CD ini adalah di kualitas rekaman. Oleh karena itu peneliti selanjutnya disarankan untuk memuat rekaman dengan kualitas yang lebih baik dengan cara merekam langsung dari sumber utama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245089

Actions (login required)

View Item View Item