Errors in using the past tense made by 8th graders of MTsN Model Trenggalek / Fadzilyna - Repositori Universitas Negeri Malang

Errors in using the past tense made by 8th graders of MTsN Model Trenggalek / Fadzilyna

Fadzilyna (2013) Errors in using the past tense made by 8th graders of MTsN Model Trenggalek / Fadzilyna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Error-Error Past Tense Penulisan Recount Texts MTsN Model Trenggalek Salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai oleh kelas delapan sekolah menengah pertama adalah menulis recount text. Past tense adalah salah satu fitur bahasa di recount text. Selain itu murid-murid Indonesia sebagai pelajar Bahasa Inggris cenderung membuat kesalahan terutama dalam penulisan mereka. Jadi penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan error-error past tense yang yang dibuat oleh murid kelas delapan MTsN Model Trenggalek dalam menulis recount text. Sedangkan fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe-tipe error dan kemungkinan penyebab error yang dilakukan oleh murid-murid dalam penggunaan past tense dalam penulisan recount text. Data dianalisis dengan menggunakan Surface Strategy Taxonomy oleh Dulay et.al (1982) untuk menganalisis jenis-jenis error. Kemudian kemungkinan terjadinya error dianalisis berdasarkan buku Error Analysis Perspective on Second Language Acquisition oleh Richard (1974). Hasil dari penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif. Data diperoleh dengan melakukan tes menggunakan checklist dan mewawancarai guru dan beberapa siswa. Peneliti mengambil VIII A kelas sebagai sampel penelitian. Jumlah siswa di kelas adalah 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 66 kesalahan yang ditemukan bahwa dalam jenis kesalahan peneliti menemukan salah satu jenis kesalahan tipe misformation yaitu alternating form. Ditemukan sekitar 49 kesalahan (75.75%) dan ditempatkan sebagai frekuensi tertinggi pertama dalam penelitian ini. Peneliti juga menemukan dua jenis kesalahan omission. Mereka adalah kesalahan dari kelalaian to be dan kesalahan kelalaian dari past participle. Kesalahan dari kelalaian ditemukan sekitar 11 kesalahan (16.66%) dalam analisis ini. Ini muncul sebagai frekuensi tertinggi kedua. Selanjutnya peneliti menemukan dua jenis kesalahan addition. Mereka adalah double marking dan menandai kesalahan regularization. Kesalahan addition ditemukan keluar sekitar 6 kesalahan (7.57%) dalam analisis ini dan ditempatkan sebagai frekuensi tertinggi ketiga. Tidak ada kesalahan misordering dalam penelitian ini karena tidak ada dalam penggunaan past tense. Kemungkinan penyebab kesalahan analisis menunjukkan bahwa beberapa kemungkinan penyebab kesalahan yang disebabkan oleh ignorance of rule restriction (68.18%) incomplete application of rule (21.21 %) false concept hypothesized (7.54%) dan over generalisation (3.03%). Berdasarkan penelitin dapat disimpulkan bahawa ada tiga tipe error yang ditemukan yaitu kesalahan omission addition dan misformation. Selain itu ditemukan pula empat kemungkinan penyebab error yaitu over generalization ignorance of rule restriction incomplete of application of rule dan false concept of hypothesized.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245087

Actions (login required)

View Item View Item