Using English talking books to improve the ability of the eight graders at SMPN 4 Pasuruan in reading comprehension / Diah Galuh Sarimbit - Repositori Universitas Negeri Malang

Using English talking books to improve the ability of the eight graders at SMPN 4 Pasuruan in reading comprehension / Diah Galuh Sarimbit

Sarimbit, Diah Galuh (2013) Using English talking books to improve the ability of the eight graders at SMPN 4 Pasuruan in reading comprehension / Diah Galuh Sarimbit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci English Talking Books pemahaman membaca kelas VIII. Belajar Bahasa Inggris bisa menyenangkan dan mudah menggunakan English Talking Book karena English Talking Book merupakan media audio visual yang menstimulir ketrampilan-ketrampilan tersebut dengan menyediakan materi pembelajaran. English Talking Book juga sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca karena memiliki jalan cerita dan subtitel yang memudahkan para siswa dalam memahami cerita. Ada bebrapa tahapan dalam penerapan English Talking Book. (1) memberikan beberapa kata berhubungan dengan cerita (2) memainkan English Talking Book (3) memberikan versi cetak English Talking Book (4) mengidentifikasi urutan kata (5) mengartikan kata-kata dalam Bahasa Indonesia (6) mengerjakan soal. Peneliti menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas karena murid-murid memiliki kesulitan dalam memahami bacaan khususnya naratif teks. Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini didesain untuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa dengan menggunakan English Talking Book. Subyek penelitian ini adalah 31 siswa kelas 8F SMP Negeri 4 Pasuruan tahun ajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah catatan lapangan panduan observasi panduan wawancara dan studi awal yang menghasilkan proses dan produk dimana nilai dan sikap siswa menjadi acuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa English Talking Book meningkatkan ketrampilan pemahaman membaca siswa. Pada studi awal 51% siswa mampu melebihi standard ketuntasan minimal. Lalu pada siklus 1 hanya 32% siswa yang mampu melebihi standard ketuntasan minimal dan pada siklus dua 100% siswa mampu melewati standard ketuntasan minimal. Kesimpulannya penggunaan English Talking Book membantu lebih dari 27 dari 31 siswa mencapai standar ketuntasan minimal 72 dalam hal produk. Pada prosesnya bisa dilihat dari sikap positif siswa yang aktif berpartisipasi didalam kelas. Pemahaman membaca siswa menunjukkan bahawa mereka mampu memahami bacaan khususnya teks naratif dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Penggunaan English Talking Books juga memberikan kontribusi yang positif pada sikap siswa selama proses belajar dan mengajar Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa guru Bahasa Inggris menggunakan English Talking Books dalam mengajar pemahaman membaca sebagai media alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245084

Actions (login required)

View Item View Item