Developing a prototype of English monopoly game for teaching speaking to the tenth graders of SMK / Erlina Mufiddah - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing a prototype of English monopoly game for teaching speaking to the tenth graders of SMK / Erlina Mufiddah

Mufiddah, Erlina (2013) Developing a prototype of English monopoly game for teaching speaking to the tenth graders of SMK / Erlina Mufiddah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mufiddah Erlina. 2013. Developing a Prototype of English Monopoly Game for Teaching Speaking to the Tenth Graders of SMK. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Rachmajanti Dip.TESL M.Pd Kata kunci English monopoly pembelajaran berbicara SMK 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pengajaran dalam bentuk permainan monopoli untuk melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris peserta didik kelas X SMK. Media ini bertujuan untuk membantu dan memotivasi peserta didik untuk berbicara bahasa Inggris. Materi yang dipilih berdasarkan kompetensi dasar dan silabus guru bahasa Inggris. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Borg Gall (1983) dan Hyland (2003). Model tersebut terdiri dari enam tahapan yaitu analisis kebutuhan pengembangan materi dan produk uji coba produk revisi utama produk tes penggunaan produk dan revisi akhir produk . Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian dan informasi (analisis kebutuhan) adalah lembar observasi kuesioner siswa dan wawancara guru. Data dari kuesioner siswa dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk prosentase. Sedangkan data dari lembar observasi dan wawancara guru dianalisis secara kualitatif. Data yang didapat dari tahap analisis kebutuhan digunakan sebagai pertimbangan pengembanagan produk. Tahapan proses validasi menggunakan kuesioner sebagai pedoman untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil kuesioner tersebut digunakan untuk merevisi produk sebelum beranjak untuk tahap tes penggunaan produk (uji coba). Hasil kuesioner validasi digambarkan dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif sedangkan hasil uji coba digambarkan secara kualitatif dan kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Uji coba dilakukan pada subjek yaitu kelas X Keperawatan 1 di SMKN 11 Malang. Terdapat 37 peserta didik namun peneliti hanya mengambil 11 peserta didik sebagai perwakilan. Instrumen yang digunakan dalam proses uji coba adalah rekaman video kuesioner siswa dilengkapi dengan penilaian diri sendiri dan kuesioner guru dilengkapi dengan penilaian speaking peserta didik. Hasil rekaman video menunjukkan bahwa permainan English Monopoly dapat diaplikasikan. Hasil kuesioner siswa menunjukkan bahwa peserta didik tertarik bermain permainan tersebut dan menganggap bahwa permainan tersebut membantu belajar berbicara bahasa Inggris. Kuesioner guru menunjukkan bahwa permainan English Monopoly sesuai untuk pengajaran speaking. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulannya English Monopoly ini merupakan media berbicara yang menarik dan membantu. Produk ini merupakan media pengajaran speaking untuk kelas X SMK oleh karena itu pengguna bisa mengubah materi atau peraturan tergantung pada kebutuhan peserta didik. Untuk peneliti selanjutnya English monopoly dapat diubah menjadi aplikasi software atau bentuk 3 Dimensi dengan membuat pop-up.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245082

Actions (login required)

View Item View Item