Anggraningtyas, Orista Vella (2013) Developing supplementary speaking materials for seventh graders / Orista Vella Anggraningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci materi tambahan pembelajaran speaking berbicara. Keterbatasan materi pembelajaran untuk berbicara yang sesuai dengan silabus dan kebutuhan siswa mengakibatkan proses pembelajaran bahasa Inggris khususnya untuk kemampuan berbicara di SMPN 7 Malang tidak bejalan maksimal. Berdasarkan permasalahan diatas penelitian dan pengembangan (R D) ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran dalam bentuk materi pembelajaran berbicara. hasil penelitian ini diharapkan akan memberi manfaat untuk guru peserta didik maupun peneliti selanjutnya dalam usaha menyediakan variasi kegiatan berbicara di kelas. Materi dikembangkan berdasarkan standar isi dari kementerian pendidikan silabus sekolah dan task-based approach yang digagas oleh Nunan (2004). Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Hyland (2003). Penelitian ini terdiri dari tujuh tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan materi (3) validasi ahli dan guru (4) revisi I (5) Uji Coba produk (6) revisi II and (7) produk akhir. Perangkat-perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen pedoman wawancara lembar validasi dan kuesioner. Data dari dokumen dan wawancara guru dijelaskan secara kualitatif. Sementara itu hasil dari lembar validasi dijelaskan secara kuantitatif dan kualitatif begitu juga hasil dari kuisioner uji coba. Setelah melewati tahap-tahap diatas maka dihasilkan produk akhir. Produk ini terdiri dari enam kompetensi dasar yaitu (1) greeting (2) introducing (3) command and prohibition (4) asking and giving information (5) gratitude and (6) apology. Kompetensi dasar tersebut diberikan dalam bentuk kegiatan. Dalam setiap task (kegiatan) peserta didik disediakan tujuan pembelajaran enam bagian utama yaitu (1) gambits (2)word list (3)dialogue (4)grammar/cultural info (5)freer practice (make your own speech) (6)role play and group work. Topik kegiatannya juga bervariasi antara lain kehidupan sekolah permainan ulang tahun penunjuk waktu binatang dan budaya. Uji coba dilakukan satu kali kepada subjek penelitian kelas 7G di SMPN 7 Malang. Ada 35 peserta didik di dalam kelasnya. Hasil dari kuisioner uji coba menunjukkan bahwa peserta didik tertarik pada produk penelitian. Hal ini dikarenakan poduk penelitian menyediakan tampilan kegiatan dan topik yang menarik dan sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Hal ini membantu mereka mengurangi kejenuhan dalam belajar berbicara. Kelemahan dari produk ini adalah (1) tidak semua task (kegiatan) telah di uji coba hanya empat dari sembilan tasks (kegiatan) dari empat unit telah di uji coba (2) pembahasan grammar dalam produk akhir tidak dilengkapi dengan latihan (3) produk hanya di uji coba sekali. Oleh karena itu guru yang akan menggunakan materi dalam produk ini bisa membuat perubahan pada beberapa bagian materi sesuai dengan kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/245078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |