Students' errors in using simple present tense in writing descriptive texts / Yosi Founisce Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Students' errors in using simple present tense in writing descriptive texts / Yosi Founisce Putri

Putri, Yosi Founisce (2013) Students' errors in using simple present tense in writing descriptive texts / Yosi Founisce Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Errors Simple Present Tense Writing Descriptive Texts Bagi siswa kelas delapan SMP salah satu kemampuan atau kompetensi yang harus dikuasai adalah menulis teks deskripsi. Namun sebagai siswa EFL siswa Indonesia mengalami kesulitan pada kemampuan atau kompetensi tersebut. Hal ini dikarenakan menulis masih dianggap sebagai kemampuan atau kompetensi yang paling sulit diantara ketiga kompetensi lainnya. Selain itu dalam menulis digabungkan berbagai komponen dan adanya beberapa perbedaan struktur antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris. Oleh karena itu siswa Indonesia masih cenderung melakukan kesalahan. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini dilaksanakan untuk melihat menentukan kesalahan dan mendeskripsikan kesalahan yang dibuat siswa khususnya 19 siswa kelas delapan akselerasi SMPN 3 Malang. Di kelas akselerasi berbeda dengan kelas regular waktu yang dibutuhkan hanya selama 2 tahun. Oleh karena keterbatasan waktu pembelajaran mandiri diterapkan dalam proses belajar mengajar khususnya dalam kegiatan menulis. Pertama siswa mempelajari materi dan rumus dari modul yang diberikan kemudian menggunakan dan menerapkan apa yang sudah dipelajari dengan menulis. Pada akhirnya siswa akan memasukkan hasil tulisan mereka ke dalam aplikasi berbasis internet (Edmodo). Pada akhirnya pembahasan singkat dilakukan di kelas secara bersama. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pada penggunaan simple present tense yang dibuat siswa kelas 8 akselerasi dalam menulis teks deskripsi. Data diperoleh dengan memberikan test dan menggunakan daftar cek. Siswa diminta menulis sebuah teks deskriptif dari sebuah gambar yang ditampilkan yang berjudul The Messy Room . Kemudian hasil tulisan dianalisis menggunakan Surface Strategy Taxonomy oleh Dulay (1982). Hasil dari penelitian dipaparkan secara deskriptif. Dari penelitian ditemukan empat jenis kesalahan berdasarkan Surface Strategy Taxonomy (omission addition misformation dan misordering). Kesalahan omission merupakan kesalahan yang paling banyak ditemukan sebesar 47 05%. Kesalahan pada omission adalah verb inflections (marker of s/-es) dan auxiliary verbs (be).Kesalahan terbanyak kedua dalam penelitian ini adalah kesalahan misformation yang dalam bentuk archi-form sebesar 45 88 %. Selanjutnya peneliti hanya menemukan satu jenis kesalahan pada kesalahan addition yaitu dalam bentuk kesalahan double marking sebesar 4 70%. Bentuk kesalahan terakhir yang ditemukan adalah kesalahan misordering yang muncul sebesar 2 35 % dari keseluruhan kesalahan. Sebagai hasilnya. Penelitian ini menemukan bahwa siswa kelas delapan akselerasi masih membuat kesalahan-kesalahan dalam menggunakan simple present tense pada penulisan teks deskriptif. Kesalahan yang paling banyak dibuat adalah kesalahan omission. Hal ini sejalan dengan Dulay yang menyatakan bahwa kesalahan omission adalah kesalahan yang paling banyak ditemukan selama tahap awal penyerapan bahasa kedua. Hal ini disebabkan oleh pengabaian perbedaan struktur dan aturan antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris. Beberapa saran diberikan kepada guru dan peneliti selanjutkan. Untuk guru guru sebaiknya diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran menulis dalam rangka mengurangi kesalahan yang dilakukan siswa. Selain itu sebaiknya sering memberikan penjelasan tentang perbedaan struktur antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang baru dengan tipe teks yang berbeda dan meneliti alasan mengapa siswa melakukan kesalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245074

Actions (login required)

View Item View Item