The effect of 4/3/2 technique on the students' oral fluency at SMAN 2 Malang / Annisa Kurnia Asri - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of 4/3/2 technique on the students' oral fluency at SMAN 2 Malang / Annisa Kurnia Asri

Asri, Annisa Kurnia (2013) The effect of 4/3/2 technique on the students' oral fluency at SMAN 2 Malang / Annisa Kurnia Asri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci teknik 4/3/2 technique kelancaran berbicara kecepatan berbicara keragu-raguan pengulangan awalan yang salah Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya perbedaan signifikan pada kelancaran berbicara siswa yang diajar dengan teknik 4/3/2 dan siswa yang tidak diajar dengan teknik 4/3/2. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen murni. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas X 2012/2013 di SMAN 2 Malang. Siswa yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 8 orang dari kelas X-G jurusan Bahasa. Siswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok kecil yaitu 4 siswa dalam kelompok eksperimen dan 4 siswa dalam kelompok control. Sampel tersebut dipilih berdasarkan kesetaraan kemampuan bahasa Inggris dari nilai rapor siswa. Penelitian yang berdasarkan pada kelancaran berbahasa siswa ini menghasilkan dua kesimpulan. Dua kesimpulan itu telah dibuktikan dengan perhitungan statistic melalui Independent Sample T-test dalam program SPSS 16.00. Pertama prosentase peningkatan kecepatan berbicara siswa pada grup eksperimental lebih tinggi daripada prosentase peningkatan kecepatan berbicara pada grup kontrol. Akan tetapi berdasarkan perhitungan statistik dapat disimpulkan bahwa teknik 4/3/2 tidak memberi efek yang signifikan dalam kelancaran berbicara khusunya pada kecepatan berbicara. Kedua prosentase penurunan keragua-raguan pengulangan dan awalan yang salah pada grup eksperimental lebih tinggi daripada prosentase penurunan keragua-raguan pengulangan dan awalan yang salah pada grup kontrol. Guru dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan teknik 4/3/2 untuk meningkatkan kelancaran di dalam kelas walaupun hasil penemuan menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan teknik 4/3/2 dan siswa yang tidak diajar menggunakan teknik 4/3/2. Hal ini berkaitan dengan kelebihan dari teknik 4/3/2 untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Teknik 4/3/2 membantu siswa untuk fokus dengan pesan yang disampaikan meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi kesalahan struktur bahasa pada saat siswa berbicara dalam 4 3 dan 2 menit. Peneliti lain yang tertarik dengan penelitian ini juga dapat menggunakan teknik 4/3/2 untuk mengetahui peningkatan tidak hanya dalam kelancaran berbicara tetapi juga ketepatan berbicara siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245073

Actions (login required)

View Item View Item