Between Islam and local culture: women discrimination in Ayaan Hirsi Ali's Infidel / Karnia Putri Pangestu - Repositori Universitas Negeri Malang

Between Islam and local culture: women discrimination in Ayaan Hirsi Ali's Infidel / Karnia Putri Pangestu

Pangestu, Karnia Putri (2013) Between Islam and local culture: women discrimination in Ayaan Hirsi Ali's Infidel / Karnia Putri Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pangestu Karnia. 2013. Between Islam and Local Culture Women Discrimination in Ayaan Hirsi Ali s Infidel. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Inayatul Fariha S.S. M. A. Kata Kunci Hirsi Ali Infidel diskriminasi perempuan gender dalam Islam Timur Tengah Afrika 12288 12288 12288 12288 Timur Tengah dan Afrika terdiri dari banyak negara-negara Islam. Negara-negara tersebut tidak hanya terkenal karena eksotisme alam dan limpahan minyaknya tetapi juga karena isu diskriminasi perempuan yang cukup banyak terjadi. Negara-negara tersebut memiliki budaya dan tradisi patriarki yang dipegang erat oleh masyarakatnya. Masyarakat di sana sangat sering bersinggungan dengan isu gender. Ayaan Hirsi Ali sebagai perempuan Somalia yang menghabiskan masa kecilnya berpindah-pindah ke beberapa negara di Afrika dan Timur Tengah membagi pengalaman nyatanya mengenai diskriminasi perempuan. Infidel adalah salah satu buku yang ditulis oleh Ayaan Hirsi Ali. Pengalaman hidup yang dia tulis di buku ini terjadi di Afrika dan Timur Tengah pada tahun 1960-an hingga sekitar awal tahun 2000. Di dalam buku ini Hirsi Ali mencoba untuk menuliskan potret dari kasus diskriminasi perempuan yang dia alami dengan menggunakan sudut pandangnya sendiri sebagai orang pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penyebab sesungguhnya dari terjadinya diskriminasi terhadap perempuan. Analisis dalam penelitian ini akan dilakukan dengan menggunaka teori gender dalam Islam dan gender dalam budaya. Peneliti menggunakan teknik kajian pustaka untuk mengerjakan penelitian ini. Sumber pengambilan data yang utama adalah novel Infidel. Data diambil dari novel lalu dianalisis dengan menggunakan teori yang telah ada. Analisis penelitian ini akan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu honor system proses antagonisasi terhadap perempuan perempuan yang tidak berdaya dan potret Islam di dalam novel. Berdasarkan pada hasil analisis peneliti menemukan sebuah proses bertahap dalam menanamkan pemikiran tertentu kepada tokoh utama dalam novel yang dilakukan oleh pihak keluarga dan masyarakat sekitar yang pada akhirnya berujung pada diskriminasi perempuan. Ayaan Hirsi Ali sebagai tokoh utama dalam novel ini menyalahkan Islam atas terjadinya diskriminasi yang dia alami. Tetapi penelitian ini menyimpulkan bahwa penyebab yang sesungguhnya adalah budaya dan tradisi masyarakat bukan Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245066

Actions (login required)

View Item View Item