Students' levels of thinking represented by the self-generated questions in the english final project, SMA Negeri 1 Malang / Nastiti Primadyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Students' levels of thinking represented by the self-generated questions in the english final project, SMA Negeri 1 Malang / Nastiti Primadyastuti

Primadyastuti, Nastiti (2013) Students' levels of thinking represented by the self-generated questions in the english final project, SMA Negeri 1 Malang / Nastiti Primadyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keywords Self-generated question kemampuan berpikir tugas akhir Bahasa Inggris murid SMA. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini diselenggarakan untuk mencari tahu kemampuan berpikir peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Malang yang tercermin dalam pertanyaan yang dibuat secara mandiri oleh peserta didik (self-generated question) dalam salah satu bab di Tugas Akhir Bahasa Inggris peserta didik kelas XII. Berdasarkan teori Taksonomi Bloom yang sudah direvisi terdapat kata kunci dalam setiap pertanyaan yang merupakan indikasi tingkat berpikir peserta didik. Untuk mendapatkan cangkupan yang luas maka pertanyaan-pertanyaan peserta didik tersebut ditelaah dari empat sudut pandang yaitu dari bentuk pertanyaan jenis pertanyaan ranah kognitif pertanyaan dan dimensi pengetahuan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti menggambarkan sebuah fenomena dalam kegiatan belajar mengajar. Data berupa sembilan puluh pertanyaan yang dibuat oleh siswa yang tercangkup di bab Text Discussion. Pengumpulan data dan proses analisa data dilakukan dengan menggunakan checklist sebagai instrument penelitian yang disusun berdasarkan empat teori tersebut. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan data homogenitas. Sebagian besar bertanyaa disusun dalam bentuk WH-Question and termasuk dalam tipe pertanyaan eksplisit pertanyaan mengenai organisasi dan interpertasi dan pertanyaan implisit. Kemampuan berpikir peserta didik berada di dua tingkat berpikir terbawah yaitu Mengingat dan Memahami. Peserta didik lebih fokus kepada teknik membaca pemahaman daripada membaca kritis. Di sisi lain hasil tersebut menunjukkan bahwa peserta didik telah berhasil mencapai standar pembelajaran Bahasa Inggris yang diterbitkan oleh BSNP. Peserta didik telah berada pada tingkat informational pada tingkat literasi yang menunjukkan bahwa peserta didik mampu menggunakan Bahasa Inggris untuk mengakses pengetahuan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peserta didik sudah siap menghadapi perkuliahan namun masih perlu untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian peneliti mengajukan beberapa saran. Saran pertama ditujukan untuk guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Malang untuk memperkenalkan peserta didik pada macam-macam jenis pertanyaan. Kedua guru Bahasa Inggris disarankan untuk membiasakan siswa untuk membuat pertanyaan setelah kegiatan membaca untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Ketiga para peneliti selanjutnya disarankan untuk menyelenggarakan penelitian komparatif dalam topik yang sama untuk cangkupan studi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245065

Actions (login required)

View Item View Item