Developing extensive reading cards for the seventh graders / Uminadirotun Navisah - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing extensive reading cards for the seventh graders / Uminadirotun Navisah

Navisah, Uminadirotun (2013) Developing extensive reading cards for the seventh graders / Uminadirotun Navisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Navisah Uminadirotun. 2013. Pengembangan Extensive Reading Cards untuk Siswa Kelas VII. Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Andreani M.Ed. Keywords pengembangan extensive reading cards siswa kelas VII Membaca merupakan aktifitas yang dapat menambah wawasan serta kosakata seseorang. Membaca merupakan alat yang diperlukan untuk pembelajaran seumur hidup. Membaca memungkinkan siswa untuk mendapatkan informasi dari teks berbahasa Inggris. Akan tetapi berdasarkan hasil dari analisis kebutuhan siswa kelas VII di SMP N 13 Malang menunjukkan bahwa kempapuan membaca siswa tergolong rendah karena mereka tidak tertarik untuk membaca teks berbahasa Inggris. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor seperti terbatasnya waktu di kelas dan kurangnya materi yang berbahasa Inggris. Hasil dari analisis kebutuhan siswa juga menunjukkan bahwa banyak dari siswa senang membaca materi yang menarik dan menyenangkan dalam bentuk cetakan. Untuk membangun minat siswa dalam membaca teks berbahasa Inggris dan untuk mengatasi terbatasnya waktu di kelas peneliti mengembangkan extensive reading cards terutama untuk siswa kelas VII. Desain dalam penelitian ini adalah research and development (R D). Peneliti mengadaptasi R D desain oleh Borg and Gall (1983) dengan beberapa modifikasi. Prosedur pengembangannya terdiri dari 8 langkah (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan materi (3) validasi oleh ahli materi (4) revisi I (5) validasi oleh guru (6) revisi II (7) uji coba dan (8) revisi III. Analisis kebutuhan bertujuan untuk memperoleh data awal untuk pengembangan produk. Proses pengembangan materi mencangkup dua langkah rancangan dan pengembangan. Validasi oleh ahli materi dan guru bertujuan untuk melihat kelayakan produk. Hasil dari validasi oleh ahli materi dan guru digunakan sebagai dasar dalam peningkatan kualitas dari konsep awal sebelum diujicobakan. Uji coba produk dilakukan untuk melihat kesesuaian dan dapat diterimanya produk. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuisioner analisis kebutuhan checklist validasi untuk ahli materi dan guru serta kuisioner ujicoba untuk siswa. Produk ini telah direvisi berdasarkan hasil dari validasi dan uji coba produk. Data yang terkumpul dalam penelitian ini telah dianalisis dan dijabarkan secara qualitatif dengan perhitungan quantitatif sederhana mengangkat dari Arikunto (2010). Produk dalam penelitian ini adalah kumpulan materi extensive reading yang terdiri dari 6 descriptive dan 6 procedure texts. Dalam setiap jenis teks berisi tiga topik yang berbeda. Setiap teks di sajikan dalam dua lembar. Lembar pertama terdiri dari dua sisi. Pada halaman pertama memuat perkenalan dari materi sedangkan halaman kedua memuat teks yang dilengkapi dengan glossary dan questions. Lembar kedua menyajikan answer key reflection dan enrichment. Produk ini disajikan dengan beberapa gambar berwarna warni dan desain yang interesting. Versi akhir dari produk penelitian ini di cetak dengan kertas CONCORD 220 gram berukuran A4 dan dilaminasi agar tahan lama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa materi extensive reading dapat memenuhi kebutuhan siswa. Produk ini mendukung autonomous learning karena produk ini didesain untuk pembelajaran individu. Disarankan agar jenis teks dan topic disajikan beragam dengan tujuan untuk menyediakan materi membaca dengan tingkatan yang berbeda. Produk ini harus dilengkapi dengan sumber bacaan dan gambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245057

Actions (login required)

View Item View Item