Grammatical errors in students' recount writing / Feronika Azmil - Repositori Universitas Negeri Malang

Grammatical errors in students' recount writing / Feronika Azmil

Azmil, Feronika (2013) Grammatical errors in students' recount writing / Feronika Azmil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azmil Feronika. 2013. Grammatical Error in Students Recount Writing. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Nur Mukminatien M.Pd Kata Kunci grammar error recount writing Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan tata bahasa dalam tulisan recount siswa. Teks Recount dipilih karena teks Recount diajarkan selama semester ganjil dan genap di kelas 8. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Malang dan subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 8 yakni kelas 8.2 dengan melibatkan 30 orang siswa. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah hasil dari tugas menulis recount siswa. Kesalahan pengguanaan tatabahasa yang ditemukan dianalisis berdasarkan model analisis Corder (1967) dan kemudian diklasifikasi berdasarkan pada Surface Stategy Taxonomy yang dikemukakan oleh Dulay dkk. (1982). Taksonomi ini meliputi errors of omission errors of addition errors of misformation dan errors of misordering. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 851 kesalahan tata bahasa yang ditemukan di 30 tulisan recount siswa. Kesalahan dengan frekuensi tertinggi adalah error of omission. Terdapat 293 kesalahan omission yang ditemukan di data penelitian (34.43 %). Terdapat lima jenis kesalahan omission yang masuk dalam lima frekuensi tertinggi pada kesalahan omission yakni omission of (1) preposition (2) article (3) possessive marker ( s) (4) be (5) ed. Kesalahan dengan frekuensi tertinggi kedua adalah errors of misformation. Terdapat 282 kesalahan misformation yang ditemukan di data penelitian (33.13 %). Terdapat lima jenis kesalahan misformation yang masuk dalam lima frekuensi tertinggi pada kesalahan misformation yakni misformation of (1) irregular past (2) preposition (3) be (4) verb (5) infinitive verb. Kesalahan dengan frekuensi tertinggi ketiga adalah error of addition. Terdapat 177 kesalahan addition yang ditemukan di data penelitian (20.79 %). Lima jenis kesalahan addition yang dengan frekuensi tertinggi adalah addition of (1) preposition (2) article (3) be (4) adverb (5) quantifier. Errors of misordering muncul sebagai kesalahan dengan frekuansi tertinggi keempat dalam penelitian ini. Terdapat 65 kesalahan misordering yang ditemukan di data penelitian (7.63 %). Ada lima jenis kesalahan misordering yang ditemukan pada data dalam penelitian ini yakni misordering of (1) noun phrase (2) verb phrase (3) adjective phrase (4) subject and (5) adverb. Dalam penelitian ini terdapat 34 kesalahan yang tidak dapat diklasifikasikan ke dalam ke empat klasifikasi tersebut. Sehingga peneliti mengklasifikasikan kesalahan-kesalahan tersebut ke dalam other errors. Dalam klasifikasi other errors peneliti menemukan bahwa kesalahan pemilihan kosa kata yang dilakukan oleh siswa dapat menyebabkan siswa membuat kesalahan tata bahasa dan pemaknaan dalam tulisan mereka. Terdapat 34 kesalahan yang ditemukan di data penelitian yang disebabkan oleh penggunaan kosa kata yang kurang tepat. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian beberapa saran diberikan kepada guru siswa dan peneliti selanjutnya. Guru disarankan untuk penjelasan dan latihan tentang materi past tense penggunaan preposition penggunaan article dan penataan kalimat. Disamping itu guru juga diharapkan untuk member lebih banyak materi bacaan agar dapat memperkaya kosa kata siswa. Siswa disarankan untuk belajar dan membiasakan diri dengan struktur kalimat bahasa Inggris terutama pada materi past tense penggunaan preposition penggunaan article dan penataan kalimat. Selain itu siswa juga diharapkan untuk membaca lebih banyak bahan bacaan agar kosa kata mereka dapat terbangun. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dalam hal analisis kesalahan dari tingkat pebelajar yang lain dalam jenis teks yang berbeda dengan taksonomi yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245053

Actions (login required)

View Item View Item