Developing listening materials for the eighth grade student of SMP Negeri 2 Panji Situbonodo / Meti Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing listening materials for the eighth grade student of SMP Negeri 2 Panji Situbonodo / Meti Rahmawati

Rahmawati, Meti (2013) Developing listening materials for the eighth grade student of SMP Negeri 2 Panji Situbonodo / Meti Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Meti. 2013. Developing Listening Materials for the Eighth Grade Students of SMP Negeri 2 Panji Situbondo. Skripsi Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Nur Mukminatien M.Pd. Kata kunci materi menyimak siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Panji Situbondo. Penelitian jenis pengembangan ini dimaksudkan untuk mengembangkan materi menyimak siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Panji Situbondo pada semester pertama. Penelitian melibatkan siswa kelas VIII beserta guru bahasa Inggris SMP Negeri 2 Panji Situbondo dan seorang ahli pembelajaran Bahasa Inggris. Materi dikembangkan berdasarkan kurikulum 2006. Namun demikian materi tersebut masih relevan untuk digunakan di kelas apabila kurikulum 2013 diterapkan untuk kelas VIII karena kedua kurikulum tersebut memiliki banyak kesamaan kompetensi dasar seperti ekspresi memuji mengundang memberi selamat pengumuman teks descriptive dan teks recount. Oleh karena itu materi menyimak ini bermanfaat bagi siswa maupun guru kelas VIII SMP Negeri 2 Panji Situbondo. Secara umum ada dua alasan yang mendasari pengembangan materi menyimak ini buku pelajaran yang digunakan siswa tidak memuat materi menyimak dan tidak adanya laboratorium bahasa di SMP Negeri 2 Panji Situbondo. Dengan adanya pengembangan materi menyimak yang dapat digunakan di kelas diharapkan pembelajaran menyimak dapat dilakukan dengan lebih baik. Oleh karena itu siswa dapat belajar dengan lebih baik pula dan mendapatkan pengalaman mendengarkan materi menyimak yang menggunakan aksen penutur asli dan penutur asing. Materi menyimak ini dikembangkan menggunakan dua cara. Penggunaan teknik self-recording menghasilkan materi menyimak dengan aksen penutur asing. Sedangkan penggunaan program Text-to-Speech (TTS) menghasilkan materi menyimak dengan aksen penutur asli. Langkah-langkah penelitian diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall (1979) yang disederhanakan oleh Latief (2012). Proses tersebut meliputi analisa kebutuhan perencanaan pengembangan prototipe produk validasi ahli dan guru revisi produk uji coba produk revisi akhir produk untuk kemudian mendapatkan hasil akhir produk. Proses penelitian ini menggunakan empat instruments. Dalam tahap analisis kebutuhan kuesioner dan pedoman wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi dari guru mengenai kemampuan siswa materi yang akan dikembangkan dan aktivitas yang paling cocok dengan kemampuan siswa. Informasi tersebut digunakan sebagai pedoman pengembangan produk. Kemudian lembar validasi ahli dan guru dibutuhkan untuk mengumpulkan masukan mengenai produk yang dikembangkan. Selanjutnya kuesioner siswa digunakan dalam proses ujicoba materi untuk mengetahui pendapat siswa mengenai materi menyimak tersebut. Hasil kuesioner dan wawancara guru dalam proses analisis kebutuhan diolah lebih lanjut melalui proses simplifikasi dan parapfase yang menghasilkan deskripsi karakteristik materi menyimak yang sesuai. Hasil validasi ahli dan guru dianalis menggunakan proses yang sama. Kemudian hasil checklist dan tugas siswa dikompilasi dalam Excel spreadsheets. Beberapa rumus digunakan untuk memperoleh jumlah nilai rata-rata dan persentase dari data tersebut. Produk akhir dari penelitian ini disajikan dalam bentuk cetak yang terdiri dari sebuah buku siswa buku pedoman guru sedangkan materi audio disimpan dalam sebuah audio CD. Materi menyimak ini dikembangkan dalam 5 bab yang mencakup seluruh materi menyimak kelas delapan semester 1 kecuali materi SFT. Bentuk SFT yang diajarkan adalah surat dan memo. Guru berpendapat bahwa materi SFT hanya akan diajarkan dalam keterampilan membaca dan menulis karena pada kenyataannya jarang ditemukan dalam bentuk lisan. Berdasarkan hasil validasi ahli dan guru diketahui bahwa seluruh aspek dalam materi menyimak ini tergolong sangat baik kecuali aspek desain. Ahli dan guru menyarankan penggunakan foto orang Asia atau Indonesia. Sedangkan berdasarkan hasil ujicoba ada satu revisi yang harus dilakukan terkait dengan penggunaan huruf Script MT pada bab 5 bagian Language Focus. Huruf tersebut dianggap kurang jelas dan tidak mudah dibaca. Oleh karena itu Comic Sans MS dipilih sebagai pengganti huruf sebelumnya. Setelah dilakukan revisi produk akhir pun dapat diproduksi. Produk tersebut sangat cocok untuk digunakan sebagai materi menyimak siswa kelas delapan SMP Negeri 2 Panji Situbondo pada semester pertama karena materi tersebut dikembangkan berdasarkan silabus guru dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Selain itu materi tersebut dapat digunakan di kelas dengan menggunakan laptop dan speaker. Dengan demikian materi menyimak ini dapat mengatasi masalah yang dihadapi guru SMP Negeri 2 Panji Situbondo dalam menyajikan pelajaran menyimak di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245047

Actions (login required)

View Item View Item