The implementation of graphic vocational English debate (G-Ved) as an extracurricular program at SMKN 4 Malang / Alfian Yudhantya Rahadian - Repositori Universitas Negeri Malang

The implementation of graphic vocational English debate (G-Ved) as an extracurricular program at SMKN 4 Malang / Alfian Yudhantya Rahadian

Rahadian, Alfian Yudhantya (2013) The implementation of graphic vocational English debate (G-Ved) as an extracurricular program at SMKN 4 Malang / Alfian Yudhantya Rahadian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alfian Yudhantya Rahadian. 2013. The Implementation of Graphic Vocational English Debate (G-VED) as and Extracurricular at SMKN 4 Malang. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Andreani M.Ed. Key words Program ekstrakurikuler Debat SMKN 4 Malang 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa khususnya kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris pada level menengah. Dikarenakan kurangnya alokasi waktu untuk pelajaran bahasa Inggris sekolah diijinkan untuk mengadakan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris untuk mengembangkan kemampuan siswa. Maka dari itu SMKN 4 Malang mengadakan ektrakurikuler yang bernama Graphic Vocational English Debate (G-VED). Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui bagaimana penerapan G-VED di SMKN 4 Malang khususnya mengenai apa yang dilakukan guru dan siswa fasilitas media dan materi yang digunakan di dalam kegiatan ekstrakurikuler. 12288 12288 12288 12288 Untuk memperoleh data desain penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Subyek penelitian adalah kepala sekolah guru dan siswa. Data yang dikumpulkan peneliti adalah aktivitas guru dan siswa fasilitas media dan materi yang digunakan dalam ektrakurikuler. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Peneliti kemudian memilah menyederhanakan dan mengorganisir data mengurangi data lalu menunjukkannya mengikuti model Miles dan Huberman (1984) Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas G-VED berfokus pada debat. Guru memberikan materi tentang debat untuk kemudian didiskusikan oleh siswa. Guru kurang memperhatikan diksi grammar dan tenses. Perhatiannya terfokus pada bagaimana siswa mau berbicara di depan kelas. Siswa mendiskusikan apa yang dijelaskan oleh guru. Guru kemudian meminta siswa untuk menyampaikan hasilnya di depan kelas. Disini siswa membuat kesalahan sederhana. Fasilitas yang disediakan oleh sekolah untuk kendukung kegiatan G-VED sudah cukup memadai. Sekolah menyediakan satu ruang ekstrakurikuler satu laboratorium bahasa LCD proyektor koneksi Wi-Fi dan empat kelas. Media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis materi cetak gambar-gambar dan video. Materi didapatkan dari internet. Pemilihan topic dan tema materi berdasarkan issue terbaru dan konteks siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian memberikan beberapa saran untuk guru dan kepala sekolah. Pertama guru disarankan untuk memberikan dorongan yang lebih kepada siswa untuk berbicara lebih keras dan jelas. Guru juga disarankan untuk menyediakan materi tentang diksi grammar dan tenses. Variasi media juga perlu diperhatikan agar siswa tidak mudah bosan. Kedua peneliti menyarankan kepada siswa untuk lebih aktif dalam menyampaikan ide dan argument mereka karena G-VED berfokus pada debat yang menuntut siswa lebih kritis dalam menyampaikan pendapat. Ketiga kepala sekolah untuk menyediakan buku dan kamus bahasa Inggris di ruang ekstrakurikuler. Akan menjadi lebih baik jika sekolah mampu memperluas ruang ekstrakurikuler. Keempat jika ada guru dari sekolah lain yang vi tertarik dalam mengadakan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris disarankan untuk memilih materi dan media yang mampu memacu siswa untuk lebih aktif dan kritis dalam belajar debat bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245046

Actions (login required)

View Item View Item