The use of picture series games to improve students' skill in writing a recount text at the first grade of MAN 3 Malang / Fardhila Sheli Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of picture series games to improve students' skill in writing a recount text at the first grade of MAN 3 Malang / Fardhila Sheli Rahmawati

Rahmawati, Fardhila Sheli (2013) The use of picture series games to improve students' skill in writing a recount text at the first grade of MAN 3 Malang / Fardhila Sheli Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Fardhila Sheli. 2013.The Use of Picture Series Games to Improve Students Skill in Writing a Recount Text at the First Grade of MAN 3 Malang. Sarjana Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Pembimbing Drs. Andi Muhtar M.A. Kata Kunci menulis strategi picture series games kemampuan menulis teks recount sikap siswa 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana picture series games meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Picture series games adalah kombinasi dari strategi dan media. Strategi ini membutuhkan 3 pertemuan untuk mengajar memberi latihan menulis secara individu memberikan latihan menulis secara kooperatif dalam kelompok menggunakan media serta memberikan balikan dan tes secara individu tanpa media. Media yang digunakan adalah gambar dan lember kerja siswa. Sedangkan permainan (games) memfasilitasi siswa untuk bekerja secrakooperatif di dalam kelompok untuk berkompetisi dengan kelompok lainnya. Siswa diharuskan untuk mengikuti instruksi yang ada di dalam lembar kerja siswa dan membaca contoh bagaimana menata gambar dan menulis teks recount. Mereka harus memilih minimal 4 gambar dari 12 gambar yang disediakan kemudian menatanya dan menulis minimal 5 kalimat untuk masing-masing gambar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain PTK atau penelitian tindakan kelas dengan mengikuti empat langkah penelitian yaitu perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X MAKBI di MAN 3 Malang pada semester ganjil tahun akademik 2013/2014. Ada 17 siswa yang diteliti dalam kelas tersebut. Sebelum strategi diimplementasikan diadakan uji coba instrument sebanyak dua kali agar valid. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa picture series games meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal itu terbukti dari nilai siswa yang telah mencapai standar minimal kelulusan yakni 80 pada akhir siklus pertama. Strategi ini juga membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan menantang sehingga motivasi siswa dalam menulis pun meningkat. Hal itu terbukti dari hasil pengamatan siswa di dalam kelas dan hasil pengisian angket serta wawancara kepada beberapa siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penemuan ini guru bahasa Inggris diharapkan mengadopsi langkah-langkah atau instrumen yang digunakan dalam strategi picture series games sebab strategi ini telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa secara signifikan. Para guru juga disarankan untuk menggunakan strategi ini dalam upaya meningkatkan motivasi siswa dalam menulis dengan beberapa modifikasi terutama untuk mengakomodasi kekurangan dari strategi ini dalam hal alokasi waktu. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti penerapan strategi picture series games untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di jenis teks naratif atau prosedur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245037

Actions (login required)

View Item View Item