Developing pop-up books as a reading activity medium for the fifth graders of SDN Sukun 3 Malang / Leni Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing pop-up books as a reading activity medium for the fifth graders of SDN Sukun 3 Malang / Leni Wahyuningsih

Wahyuningsih, Leni (2013) Developing pop-up books as a reading activity medium for the fifth graders of SDN Sukun 3 Malang / Leni Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuningsih Leni. 2013. Developing Pop-up Books as a Reading Activity Medium for Fifth Graders of SDN Sukun 3 Malang. Skripsi English Department Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Arwijati Wahyudi Dip. TESL M.Pd Key words pop-up book pengembangan aktivitas membaca pebelajar muda Ketrampilan membaca adalah sebuah kemampuan penting yang harus diajarkan pada pebelajar sekolah dasar. Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa Inggris untuk sekolah dasar (SD) dalam standar isi tahun 2006. Dalam standard isi dikatakan bahwa salah satu tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar adalah untuk mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah. Dalam hal ini ketrampilan menulis dan membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan. Dalam mengajar ketrampilan membaca pada pebelajar muda penggunaan media sangat dianjurkan untuk membantu peserta didik belajar. Namun demikian menemukan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan masih tergolong sulit. Masalah ini muncul di SDN Sukun 3 Malang dimana rombongan belajar kelas lima memiliki media untuk belajar akan tetapi tidak begitu membantu proses belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media berbentuk pop-up book yang diharapkan dapat mambantu peserta didik belajar membaca bahasa Inggris. Materi pop-up book dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar ketrampilan membaca untuk kelas lima semester pertama. Selanjutnya penulis mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall (1983). Terdapat delapan langkah yang perlu diambil dalam model ini yaitu (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) validasi produk (4) revisi produk (5) uji coba produk (6) revisi produk (7) uji coba produk (8) produksi akhir. Selama uji coba produk berlangsung rombongan belajar sangat antusias dalam menggunakan produk. Mereka tertarik dengan tampilan alat peraga yang digunakan peneliti. Selain itu mereka juga terlihat antusias untuk membaca dalam bahasa Inggris. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pop-up book dapat digunakan sebagai media belajar bahasa Inggris. Produk penelitian ini adalah pop-up book yang terdiri dari sembilan halaman. Pop-up book memiliki lebar 18 centimeter dan panjang 32 centimeter. Setiap halaman berisi teks bacaan dan satu ilustrasi. Penulis menggunakan warna hitam sebagai warna inti dalam pop-up book ini sehingga dapat menimbulkan warna kontras dengan gambar yang ada di dalam pop-up book. Akan tetapi setiap halaman mempunyai desain yang bebeda-beda dan warna yang berbeda-beda pula untuk menghindari kebosanan. Selanjutnya setiap halaman disajikan dengan gambar berdiri yang berwarna-warni sebagai ilustrasi bacaan. Merujuk pada hasil penelitian ini peneliti mengharapkan media pop-up book ini bisa diaplikasikan sebagai alat peraga untuk mendorong semangat siswa membaca bacaan bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245034

Actions (login required)

View Item View Item