Developing board game as medium to teach descriptive reading for the seventh graders / Yerrico Christanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing board game as medium to teach descriptive reading for the seventh graders / Yerrico Christanto

Christanto, Yerrico (2013) Developing board game as medium to teach descriptive reading for the seventh graders / Yerrico Christanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Christanto Yerrico. 2013. Developing Board Game as Medium to Teach Descriptive Reading for the Seventh Graders. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Widayati M.Ed Kata Kunci pengembangan board game descriptive reading Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan board game untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 16 Malang. Penelitian ini dilakukan untuk membantu memudahkan siswa dalam memahami descriptive text. Produk yang dikembangkan ini diharapkan mampu mengatasi masalah para siswa dalam belajar membaca Bahasa Inggris. Dengan mengembangkan media yang berupa board game diharapkan kebutuhan siswa dalam belajar Bahasa Inggris khususnya descriptive reading dapat terakomodasi dengan baik. Untuk mencapai tujuan penelitian ini mengadaptasi model penelitian pengembangan yang digagas oleh Borg Gall (1983). Prosedur penelitian pengembangan yang diterapkan meliputi beberapa tahap berikut ini (1) Analisis Kebutuhan (2) Pengembangan Materi (3) Validasi Ahli (4) Revisi I (5) Uji Coba Produk (6) Revisi II dan (7) Produk Akhir. Dalam penelitian ini beberapa instrumen digunakan untuk mengumplakan informasi yang dibutuhkan instrumen-instrumen tersebut antara lain (1) Kuisioner (2) Petunjuk Interview dan (3) Validasi Ahli. Peserta didik dari kelas VII E SMPN 16 Malang dilibatkan dalam penelitian ini. Ada 12 siswa yang dipilih sebagai subjek penelitian. Semua prosedur penelitian pengembangan (R D) tersebut dilakukan dalam kurun waktu selama dua bulan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan validasi ahli diketahui bahwa para peserta didik membutuhkan tambahan materi yang berupa game untuk menunjang pembelajaran descriptive reading. Dari fakta yang ada produk tersebut kemudian dikembangkan berdasarkan informasi yang didapat pada kuisioner dan Kurikulum Bahasa Inggris kelas tujuh. Setelah selesai dikembangkan produk tersebut diberikan kepada ahli untuk divalidasi. Kemudian revisi dilakukan pada beberapa aspek yang menurut ahli dianggap memerlukan perbaikan. Hasil penelitian ini berupa board game yang diharapkan dapat membantu siswa untuk memahami teks deskriptif melalui permainan board game.Dengan demikian siswa dapat belajar bahasa Inggris dengan menggunakan media yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245027

Actions (login required)

View Item View Item