Using jigsaw technique to improve reading comprehension of recount text at the tenth grade students of SMAN 1 Purwosari / Nur Ayu Widaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Using jigsaw technique to improve reading comprehension of recount text at the tenth grade students of SMAN 1 Purwosari / Nur Ayu Widaningsih

Widaningsih, Nur Ayu (2014) Using jigsaw technique to improve reading comprehension of recount text at the tenth grade students of SMAN 1 Purwosari / Nur Ayu Widaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widaningsih Nur Ayu. 2013. Using Jigsaw Technique To Improve Reading Comprehension of Recount Text at The Tenth Grade Students of SMAN 1 Purwosari. Undergraduate Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Pembimbing Dr. Arwijati Wahjudi Murdibjono M.Pd Kata Kunci pemahaman membaca teknikJigsaw kemampuan membaca pendapat siswa 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik Jigsaw meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca. Teknik Jigsaw adalah teknik pembelajaran kerja sama yang membuat siswa-siswa bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok ahli dan kelompok jigsaw. Teknik ini membutuhkan 2 pertemuan. Media yang digunakan adalah lembar kerja siswa. Sedangkan teknik menfasilitasi siswa untuk bekerja secara kooperatif di dalam kelompok dengan tujuan untuk mendapatkan informasi lengkap dari bacaan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan mengikuti empat langkah penelitian yaitu perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X MIA 3 di SMAN 1 Purwosari pada semester genap tahun akademik 2013/2014. Ada 35 siswa yang diteliti dalam kelas tersebut. Penelitian ini mengambil 2 siklus untuk mencapai target. 12288 12288 12288 12288 Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik jigsaw meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Hal itu terbukti dari nilai siswa yang telah mencapai standar minimal kelulusan yakni 70 pada akhir siklus kedua. 12288 12288 12288 12288 Prosedur pelaksanaan teknik dalam penelitian ini adalah pertama siswa-siswa dibagi dalam sebuah kelompok yang terdiri dari empat siswa untuk setiap kelompoknya. Kelompok ini disebut dengan Kelompok Jigsaw . Kedua mereka diberi beberapa bagian dari sebuah teksdengan daftar kosakata dari kata-kata yang tidak umum di dalam teks tersebut. Ketiga siswa yang mendapatkan bagian yang sama akan membentuk suatu kelompok yang di sebut kelompok Ahli . Keempat mereka diberi waktu untuk mendiskusikan teks yang mereka peroleh dengan kelompoknya. Kelima mereka berkelompok kembali dengan kelompok asal mereka. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan dari penemuan ini guru bahasa Inggris diharapkan mengadopsi langkah-langkah dalam teknik jigsaw untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca. Para guru juga disarankan untuk menggunakan strategi ini dalam upaya meningkatkan motivasi siswa dalam membaca dengan beberapa modifikasi terutama untuk mengakomodasi kekurangan dari strategi ini dalam hal alokasi waktu. Peneliti juga menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mengekplor kembali penggunaan teknik jigsaw pada jenis teks recount yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245020

Actions (login required)

View Item View Item