Using genre-based approach to improve the eleventh grade students' skills in writing procedural texts at SMKN 1 Mojokerto / Alfia Rif'atus Saida - Repositori Universitas Negeri Malang

Using genre-based approach to improve the eleventh grade students' skills in writing procedural texts at SMKN 1 Mojokerto / Alfia Rif'atus Saida

Saida, Alfia Rif'atus (2014) Using genre-based approach to improve the eleventh grade students' skills in writing procedural texts at SMKN 1 Mojokerto / Alfia Rif'atus Saida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saida Alfia Rif atus. 2014. Penggunaan Genre-Based Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kelas XI Di SMKN 1 Mojokerto. Undergraduate Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Pembimbing Dr. Suharmanto M. Pd. Kata Kunci genre-based approach menulis teks prosedur penelitian tindakan kelas murid kelas sebelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana genre-based approach meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Kebanyakan murid-murid melakukan kesalahan yang sama dalam mengekspresikan pikirannya melalui tulisan. Kesulitan tersebut meliputi pemilihan kosa kata yang tepat penataan struktur organisasi teks mengikuti aturan tata bahasa yang benar dan pengintegrasian ide. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti menawarkan penggunaan genre-based approach. Approach ini diaplikasikan dengan menggunakan genre-based approach yang diusulkan oleh Emilia (2005) dan Feez and Joyce (1998 seperti dikutip dalam Refnaldi 2005). Strategi ini membutuhkan tiga pertemuan untuk pengaplikasiannya bertujuan untuk mengajarkan murid langkah demi langkah.. Penelitian ini menggunakan PTK atau biasa disebut dengan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi empat langkah yaitu perencanaan pengaplikasian observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah murid murid dari kelas XI TKJ 2 SMKN 1 Mojokerto pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Ada 29 murid di kelas tersebut. Pembelajaran ini hanya membutuhkan 1 siklus karena hasilnya sudah memenuhi kriteria sukses. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa genre-based approach memberikan beberapa kontribusi dalam meningkatkan pencapaian murid dan kelakuan murid pada saat menulis teks prosedur. Hal ini diperkuat dengan hasil pre-test (62.75) hasil tes (78.89) dan hasil post-test (77.93). dengan demikian hasil pencapaian murid dari pre-test dan post-test mengalami peningkatan sebanyak 14 18. Approach ini juga membuat suasana kelas lebih cerah dan mengasyikkan. Motivasi murid pada saat menulis teks prosedur juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi pada sikap murid di kelas dan dari kuisioner. Dari temuan tersebut bisa disimpulkan bahwa ada beberapa kontribusi yang diberikan oleh genre-based approach dalam mengajarkan menulis teks prosedur pada murid. Dengan menggunakan genre-based approach para murid bisa menulis apa yang sedang ada di pikiran mereka dan menuliskannya di kertas dengan menggunakan urutan yang tepat dan tata bahasa yang benar. Dengan demikian ini disarankan bahwa mengajar menulis teks prosedur untuk kelas XI SMK sebaiknya guru menggunakan genre-based approach untuk bisa mengajarkannya dengan mudah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245013

Actions (login required)

View Item View Item