Using animation clips to improve the listening ability of the tenth grade students majoring in animation in SMK Negeri 4 Malang / Atik Ulinuha - Repositori Universitas Negeri Malang

Using animation clips to improve the listening ability of the tenth grade students majoring in animation in SMK Negeri 4 Malang / Atik Ulinuha

Ulinuha, Atik (2014) Using animation clips to improve the listening ability of the tenth grade students majoring in animation in SMK Negeri 4 Malang / Atik Ulinuha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ulinuha Atik. 2014. Penerapan Animation Clips untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik Kelas X Animasi SMKN 4 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata Kunci kemampuan menyimak Animation Clips SMKN 4 Malang strategi Menyimak merupakan kemampuan yang diperlukan siswa untuk mendukung kemampuan berbicara dan menulis mereka. Akan tetapi faktanya banyak peserta didik di Indonesia mengalami kesulitan dalam kegiatan menyimak bahasa Inggris. Di SMKN 4 Malang peserta didik kelas sepuluh kebanyakan mengalami kesulitan tersebut karena kurangnya waktu untuk berlatih. Terutama bagi peserta didik jurusan Animasi kebanyakan dari mereka terbiasa belajar melalui indra pengelihatan mereka. Mereka merasa kesulitan jika mereka harus menyimak tanpa ada bantuan seperti bahasa tubuh atau bantuan visual lainnya. Sebagai contoh di kelas X Animasi B banyak siswa yang nilai mereka tidak mencapai SKM yang diberlakukan di SMKN 4 Malang. Animation Clips merupakan sebuah film pendek yang berisi kumpulan gambar yang seolah bergerak. Berdasarkan penelitian sebelumnya Animation Clips memiliki respon yang positif dari siswa. Jadi peneliti memutuskan untuk menggunakan Animation Clips sebagai media untuk meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik. Menggunakan Animation Clips dalam desain Penelitian Tindakan Kelas penelitian ini menyajikan prosedur bagaimana Animation Clips meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik kelas sepuluh jurusan animasi di SMKN 4 Malang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X Animasi B SMKN 4 Malang tahun ajaran 2013-2014. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan menyimak daftar observasi dan catatan lapangan. Prosedur penggunaan Animation Clips adalah sebagai berikut (1) mendiskusikan materi dan kata-kata sulit dalam Animation Clips (2) menyimak suara dari Animation Clips dengan cara mematikan LCD (3) menyimak dan melihat tayangan Animation Clips sembari mengerjakan lembar kerja (4) mendiskusikan hasil dari lembar kerja siswa dan (5) mendiskusikan lebih dalam isi dari Animation Clips tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penelitian ini dilakukan dalam satu siklus saja karena peserta telah dapat meraih kriteria sukses (2) ada peningkatan rata-rata kelas dari 65 2 menjadi 85 4 (3) ada respon yang bagus dari peserta didik perihal penggunaan Animation Clips dalam kegiatan menyimak. Kesimpulannya melalui persiapan media dan prosedur yang baik Animation Clips dapat secara efektif meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik. Peserta didik akan memberi respon yang positif kepada Animation Clips karena mereka secara tidak langsung termotivasi dan terbantu. Animation Clips juga dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245012

Actions (login required)

View Item View Item