Using think-pair-share technique to improve students' redaing comprehension skill on procedure text / Ardhian Suseno - Repositori Universitas Negeri Malang

Using think-pair-share technique to improve students' redaing comprehension skill on procedure text / Ardhian Suseno

Suseno, Ardhian (2014) Using think-pair-share technique to improve students' redaing comprehension skill on procedure text / Ardhian Suseno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardhian Suseno. 2013. Using Think-Pair-Share Technique to Improve Students Reading And Speaking Skill On Procedure Text. English Department Faculty of Letters State University of Malang. Pembimbing Siti Muniroh S.Pd. M.A. Kata Kunci membaca pemahaman kemampuan membaca pemahaman TPS (Think-Pair-Share) teknik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari penelitian awal diketahui bahwa siswa kelas XII TKR 1 (Teknik Kendaraan Ringan) di SMK 11 Malang memiliki beberapa masalah dalam membaca pemahaman. Berdasarkan wawancara dengan guru siswa kurang berpartisipasi ketika mereka diajari membaca dan mereka lebih berpartisipasi pada kegiatan berbicara. Selain itu berdasarkan observasi diketahui bahwa guru masih menggunakan metode teacher centered dimana siswa diperlakukan sebagai siswa passive. Teknik yang digunakan selama ini tidak cocok digunakan dikelas tersebut. Hal ini dibuktikan dari nilai siswa yang sebesar 67% persennya tidak lulus KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75. 12288 12288 12288 12288 Maka dari itu guru butuh mengimplementasikan teknik yang dapat membuat pelajaran membaca pemahaman lebih menarik untuk siswa. Teknik TPS (Think-Pair-Share) adalah salah satu metode pembelajaran yang mencakup beberapa fase antara lain think pair dan share. Teknik TPS (Think-Pair-Share) dipilih karena dapat menggabungkan dua keahlian keahlian membaca dan keahlian berbicara. Selain itu teknik ini memungkinkan siswa untuk bergerak seperti berdiri berjalan. Ekspresi wajah dan menggerakkan tangan. Pada fase pertama think siswa membaca bacaan secara individu di fase kedua pair siswa berdiskusi dengan pasangannya mengenai isi dari bacaan tersebut. Di sini siswa dapat menggunakan gerak tubuh/gestur seperti ekspresi wajah dan gerak tangan untuk menjelaskan isi bacaan. Di fase terakhir share siswa secara berpasangan maju ke depan kelas menunjukkan dan memperagakan bagaimana cara membuat makanan atau minuman dengan bantuan gambar. Di fase ini siswa dapat menggunakan gerak tubuh lebih banyak dari dua pase sbelumnya disini siswa berdiri berjalan menggunakan ekspresi wajah dan gerak tangan. 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan mengikuti empat langkah penelitian yaitu perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XII TKR 1 (Teknik Kendaraan Ringan) di SMK 11 Malang pada semester ganjil tahun akademik 2013/2014. Ada tiga puluh siswa dalam kelas tersebut. Peneliti menggunakan tiga instrument penelitian yaitu questionnaire observation checklist and field note. 12288 12288 12288 12288 Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik TPS (Think-Pair-Share) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal itu terbukti dari nilai siswa yang bisa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Selain itu siswa juga menyukai teknik ini karena TPS (Think-Pair-Share) teknik bisa mengakomodasi karakter siswa yang menyukai belajar dengan melibatkan gerak fisik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan dari penemuan ini guru bahasa Inggris diharapkan untuk menggunakan teknik TPS (Think-Pair-Share) dalam proses belajar membaca pemahaman. Teknik ini cocok digunakan untuk siswa yang memiliki karakter yang menyukai keaktifan karena teknik ini dapat mengkombinasikan kemapuan membaca dan berbicara. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan teknik TPS (Think-Pair-Share).untuk mencari tahu bagaimana TPS (Think-Pair-Share) teknik dapat meningkatkan keahlian integratif siswa membaca dan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245011

Actions (login required)

View Item View Item