Employing writing conference strategy to improve the writing ability of the eight graders of SMP Brawijaya Smart School Malang / Ria Lusiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Employing writing conference strategy to improve the writing ability of the eight graders of SMP Brawijaya Smart School Malang / Ria Lusiyani

Lusiyani, Ria (2014) Employing writing conference strategy to improve the writing ability of the eight graders of SMP Brawijaya Smart School Malang / Ria Lusiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lusiyani Ria.2014. Employing Writing Conference Strategy to Improve the Writing Ability of the Eighth Graders of SMP Brawrijaya Smart School Malang. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Widayati M.Ed. Kata kunci kemampuan menulis writing conference teks recount 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil tes di awal penelitian dapat diketahui bahwa siswa kelas VIII-A di SMP Brawijaya Smart School Malang mengalami kesulitan dalam menulis. Kesulitan tersebut secara umum dikarenakan kurangnya bimbingan dan kemampuan siswa dalam menulis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan writing conference sebagai teknik pengajaran menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis khususnya teks recount. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini berbasis Penelitian Tindakan Kelas. Jenis penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa VIII-A dari SMP Brawijaya Smart School Malang semester kedua dari tahun akademik 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus dan empat tahap tiap siklusnya yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Siklus kedua dilaksanakan karena hasil penelitian dari siklus pertama tidak dapat memenuhi kriteria sukses penelitian. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat langkah-langkah atau kegiatan yang bermanfaat bagi pengingkatan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga pertemuan. Pertemuan pertama digunakan untuk pre-writing atau kegiatan pra menulis dan menulis draft (drafting) (1) penjelasan singkat mengenai teks recount (2) menyusun gambar / menonton video / bermain game (3) menulis draft pertama. Pertemuan kedua digunakan untuk conference yang pertama (1) membahas kalimat-kalimat yang salah bersama (2) peer-editing (3) menulis ulang draft pertama. Pertemuan terakhir digunakan untuk conference yang kedua (1) teacher-student conference (2) menulis ulang draft kedua. Dalam conference siswa mendapatkan koreksi atau umpan balik dari teman dan guru kelas. Data yang diambil selama proses penelitian adalah data primer yaitu nilai menulis siswa dan data sekunder yaitu partisipasi siswa dan respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran. Data-data yang dikumpulkan harus memenuhi kriteria sukses yang telah ditetapkan dalam taham perencanaan penelitian. Hasil dari nilai menulis siswa pada siklus kedua menunjukkan bahwa penerapan writing conference dapat meningkatkan kemapuan siswa dalam menulis khususnya menulis teks recount. Hasil perhitungan nilai siswa menunjukkan 86% dari total 28 siswa mendapat nilai 78 dan atau lebih dimana 78 adalah SKM yang harus dicapai siswa. Di samping itu 92% siswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan 90% siswa berpendapat bahwa kemampuan menulis mereka meningkat berkat penerapan writing conference. Berdasarkan hasil penelitian tersebut guru Bahasa Inggris kelas VIII-A SMP Brawijaya Smart School dan SMP lainnya disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran writing conference sebagai strategi pengajaran menulis tidak hanya untuk menulis teks recount tetapi juga untuk menulis jenis teks lainnya. Selain itu peneliti berikutnya disarankan untuk meneliti lebih dalam mengenai penerapan writing conference untuk menulis jenis teks lainnya dengan menggunakan step-step atau kegiatan berdasarkan tingkat pendidikan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245009

Actions (login required)

View Item View Item