Utilizing scientific approach through the Presentation, Practice, dan Production (PPP) strategy to enhance writing skills of recount texts of the eight graders of SMP Negeri 1 Cerme Gresik / Eki Juvita Prima Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Utilizing scientific approach through the Presentation, Practice, dan Production (PPP) strategy to enhance writing skills of recount texts of the eight graders of SMP Negeri 1 Cerme Gresik / Eki Juvita Prima Wahyuni

Wahyuni, Eki Juvita Prima (2014) Utilizing scientific approach through the Presentation, Practice, dan Production (PPP) strategy to enhance writing skills of recount texts of the eight graders of SMP Negeri 1 Cerme Gresik / Eki Juvita Prima Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuni Eki Juvita Prima. 2014. Penggunaan Scientific Approach melalui Strategi Presentation Practice and Production (PPP) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cerme Gresik. Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Dr. Gunadi H. Sulistyo M. A. Kata Kunci Scientific Approach Presentation-Practice-Production (PPP) kemampuan menulis teks recount siswa kelas VIII 12288 12288 12288 12288 12288 Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang menuntut masyarakat untuk menguasai kemampuan berbahasa Inggris dengan baik terutama dalam kemampuan berbahasa Inggris produktif. Sebagai sarana dalam berkomunikasi kemampuan menulis sangat penting untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar. Di Indonesia bahasa Inggris telah diajarkan sejak pendidikan dini namun pada faktanya mereka masih memiliki kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 1 Cerme siswa memiliki kesulitan dalam menyusun dan membuat kalimat dalam teks recount. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas VIII. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan kolaborasi penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan implementasi observasi dan refleksi. Analytic scoring digunakan dalam menganalisis nilai akhir siswa dalam bentuk karangan recount. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket kuestioner dan karangan siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Scientific Approach melalui strategi Presentation Practice and Production (PPP) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount. Peningkatan tersebut dapat dilihat dalam kriteria ketuntasan yang dicapai pada siklus ke 2. Lebih dari 50% nilai siswa diatas 78 dan nilai keaktifan siswa menunjukkan bahwa skala keaktifan siswa lebih dari 75%. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil yang didapat dapat disimpulkan bahwa penerapan Scientific Approach melalui strategi Presentation Practice and Production (PPP) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Strategi yang diterapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Berdasarkan keberhasilan yang dicapai disarankan kepada guru bahasa Inggris pada level SMP (dan/atau guru bahasa lainnya) untuk menerapkan Scientific Approach melalui strategi Presentation Practice and Production (PPP) untuk meningkatkan kualitas dalam proses belajar mengajar. Untuk peneliti lain diharapkan bahwa mereka dapat meninkatkan inovasi dan menjawab kekurangan yang mungkin ditemukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245006

Actions (login required)

View Item View Item