Pengembangan multimedia interaktif pelajaran aksara Jawa untuk siswa kelas III semester II di SDI Ma'arif Kota Blitar / Akhmad Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pelajaran aksara Jawa untuk siswa kelas III semester II di SDI Ma'arif Kota Blitar / Akhmad Fauzi

Fauzi, Akhmad (2011) Pengembangan multimedia interaktif pelajaran aksara Jawa untuk siswa kelas III semester II di SDI Ma'arif Kota Blitar / Akhmad Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia interaktif Bahasa jawa Multimedia interaktif merupakan salah satu media pembelajaran yang saat ini banyak digunakan dalam proses belajara-mengajar. Multimedia pada dasarnya merupakan perpaduan dua atau lebih media yang terintregasi. Dapat disajikan dengan perpaduan gambar tulisan dan suara. Dalam pemanfaatanya yang menggunakan Komputer menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa-siswi untuk mempelajari aksara jawa. Berdasarkan observasi di SDI ma arif Kota Blitar dalam matapelajaran bahasa jawa guru hanya menggunakan metode ceramah dengan sesekali menggunakan papan tulis untuk menyampaikan materi. Ini bisa membuat persepsi antar siswa satu dengan yang lain berbeda-beda karena materi yang disampaikan kurang mendetail. Adapun dengan media buku teks siswa belum bisa memahami sepenuhnya materi dengan kemampuan tertinggi yaitu menyalin huruf jawa kedalam huruf latin. Cara penulisan atau gerak penulisan aksara jawa yang rumit membutuhkan visualisasi gerak untuk disampaikan dalam pembelajaran. Untuk itu dalam pembelajaran ini memerlukan multimedia interaktif ini karena dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis komputer ini bisa menimbulkan daya tarik siswa terhadap pengenalan aksara jawa sehingga pemahaman siswa terhadap aksara jawa bisa menjadi maksimal dan tujuan pembelajaran pun dapat tercapai. . Pengembangan ini bertujuan mengembangkan produk sajian dalam bentuk multimedia interaktif pembelajaran yang didalamnya terdapat spesifikasi gambar teks suara dan visualisasi gerak. Sedangkan materi yang tertuang dalam multimedia interaktif pembelajaran ini adalah materi tentang aksara Jawa dasar pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas III semester II di SDI Ma arif Kota Blitar. Multimedia interaktif ini dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan Sadiman yang terdiri dari 9 langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis yang tujuan (3) pengembangan materi (4) mengembangkan alat evaluasi (5) produksi (6) menyusun petunjuk pemanfaatan (7) validasi (8) revisi (9) produk siap dimanfaatkan. Pengembangan yang dilaksanakan di kelas III di SDI Ma arif Kota Blitar ini pengambilan datanya meliputi instrumen angket untuk ahli media ahli materi audiens serta pre-test dan post-test untuk subyek penelitian. Hasil pengembangan multimedia interaktif pembelajaran untuk mata pelajaran bahasa Jawa untuk kelas III di SDI Ma arif ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 85% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 65% dan uji responden (siswa) Uji satu lawan satu mencapai tingkat kevalidan 81 25% uji kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 90% uji lapangan mencapai tingkat kevalidan 88 6%. ii Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran aksara Jawa untuk siswa kelas III Semester 2 di SDI Ma arif valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran yang diajukan hendaknya produk multimedia interaktif yang dihasilkan ini dapat ditindak lanjuti dalam kegiatan pasca pengembangan baik sebagai media variasi pada penyampaian mata pelajaran dan dapat dijadikan media pembelajaran individual bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item