A content evaluation on "When English Rings the Bell" an English textbook for seventh graders of Junior High School / Nur Khumairoh - Repositori Universitas Negeri Malang

A content evaluation on "When English Rings the Bell" an English textbook for seventh graders of Junior High School / Nur Khumairoh

Khumairoh, Nur (2014) A content evaluation on "When English Rings the Bell" an English textbook for seventh graders of Junior High School / Nur Khumairoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khumairoh Nur. 2014. A Content Evaluation on When English Rings the Bell - an English Textbook for Seventh Graders of Junior High School. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universiats Negeri Malang. Pembimbing Prof. Hj. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata kunci content evaluation When English Rings the Bell English textbook. 12288 12288 12288 12288 Penilitian ini dilakukan untuk menganalisa buku teks bahasa Inggris yang berjudul When English Rings the Bell yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai edisi pertama yamg mengadopsi dari kurikulum 2013 untuk kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa berapa presentase buku ini memenuhi standar buku yang baik berdasarkan (1) standar isi nasional pendidikan (2) metodologi (3) keterampilan berbahasa (4) topic (5) design dan layout (6) dan aspek budaya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian kulitaitif. Metode yang digunakan adalah deskripsi analisa isi karena penelitian ini membahas isi buku. Peneliti menggunakan checklist sebagai instrumen utama yang berisi beberapa kriteria berdasarkan pada adaptasi dari materi-materi yang mengacu pada standar inti dan kompetensi dasar yang terdapat dalam standar isi kurikulum 2013 dan beberapa ahli seperti Cunningsworth (1995) Harmer (2007) dan Brown (2007). Skala rating digunakan untuk mengukur berapa presentase buku ini memenuhi standar buku yang baik dengan memberi nilai pencapaian. Nilai pencapaian dibagi menjadi poor (10 40) fair (41 60) good (61 80) dan excellent (81 100). When English Rings the Bell memenuhi syarat sebagai buku yang baik karena mendapatkan total nilai 74.45%. Pertama buku ini mendapat 66.67% dalam pencapainnya dalam ketersediannya dalam standar isi nasional penididikan sehingga dikategorikan menjadi good. Kedua buku ini mendapat 55% dalam aspek metodologi sehingga dikategorikan menjadi fair. Ketiga buku ini mendapatkan 50% dalam aspek keterampilan berbahasa sehingga dikategorikan menjadi fair. Keempat buku ini mendapat 81.25% dalam aspek topik sehinggan dikategorikan menjadie excellent. Kelima buku ini mendapat 93.75% dalam aspek design dan layout sehingga dikategorikan menjadi excellent. Terakhir buku ini mendapat 100% dalam aspek budaya sehingga dikategorikan menjadi excellent. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menyarankan kepada pengarang dan penerbit buku untuk mengetahui terlebih dahulu tentang standar isi nasional pendidikan dan kriteria buku yang baik dari beberapa ahli sehingga dapat menciptakan buku bahasa inggris yang lebih baik. Keselarasan kemampuan berbahasa seperti mendengarkan berbicara membaca dan menulis juga harus dipertimbangkan dengan baik. Lebih dari itu kekurangan yang ada pada buku ini seharusnya direvisi secara lebih teliti untuk menghasilkan materi yang baik. Terlebih Guru bahasa Inggris yang menggunakan buku juga harus menyediakan materi tambahan untuk mengatasi kekurangan pada buku yang digunakan. Selain itu peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan perbaikan dalam menganalisa buku pelajaran bahasa Inggris dengan mempertimbangkan kriteria dari beberapa ahli dan mengembangkannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244999

Actions (login required)

View Item View Item