The motivation factors of the students' active participation at XI social 1 group B speaking class of extra curricular program in SMAN 1 Lawang / Rosmala Adi Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

The motivation factors of the students' active participation at XI social 1 group B speaking class of extra curricular program in SMAN 1 Lawang / Rosmala Adi Wijayanti

Wijayanti, Rosmala Adi (2014) The motivation factors of the students' active participation at XI social 1 group B speaking class of extra curricular program in SMAN 1 Lawang / Rosmala Adi Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijayanti Rosmala Adi. Faktor-Faktor Motivasi pada Keaktifan Siswa dalam Program Ekstra Kurikuler Speaking Class XI IS 1 Kelompok B di SMAN 1 Lawang. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Drs. Murdibjono M.A. Kata kunci Faktor-faktor motivasi keaktifan siswa speaking class. 12288 12288 12288 12288 Peneliti mengadakan suatu observasi pada tingkat keaktifan siswa di Speaking Class XI IS 1 kelompok B SMAN 1 Lawang. Kelas tersebut dipilih berdasarkan karakteristik kelas dan rekomendasi dari guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Speaking Class dan beberapa observasi didapatkan data bahwa siswa kurang mampu berpartisipasi secara aktif di Speaking Class. Gagne dan Briggs (1974) dan Dornyei (2001) menyatakan bahwa motivasi siswa merupakan hal penting terhadap kesuksesan suatu pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini berutujuan untuk menjelaskan bagaimana faktor motivasi siswa mempengaruh keaktifan belajar mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi beberapa siswa untuk aktif di Speaking Class tersebut. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Ada 18 siswa di kelas tersebut sebagai subyek penelitian ini. Untuk memperoleh data instrumen yang digunakan catatatan lapangan kuesioner rubrik tingkat keaktifan siswa dan paduan wawancara. Data dari analisis dihitung dan dianalisis secara deskriptif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama mengenai tingkat motivasi siswa terdapat 9 siswa (50%) memiliki tingkat motivasi rendah 6 siswa (33 3%) memiliki tingkat motivasi sedang dan 3 siswa (16 7%) memiliki tingkat motivasi tinggi. Kedua mengenai tingkat keaktifan siswa kelas didominasi oleh14 (77 8%) siswa pasif dan terdapat 4 siswa (22 2%) yang termasuk aktif dan sangat aktif dari 18 siswa. Ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi beberapa siswa aktif di Speaking Class yaitu faktor yang muncul dari dalam diri dan dari luar siswa. Faktor dari dalam diri siswa yaitu mengenai tujuan belajar yang dimiliki siswa. Faktor yang dipengaruhi dari luar siswa yaitu (1) minat yang dipengaruhi kebisasaan belajar dan pengalaman hidup (2) teknik pengajaran dari guru (3) tambahan nilai (4) hadiah (5) timbal balik terhadap penampilan siswa (6) dukungan dan bimbingan dari keluarga serta (7) pemanfaatan sumber pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru harus sabar dalam membimbing dan menguatkan tujuan pembelajaran melalui teknik pengajarannya. Guru harus selalu menyemangati dan memotivasi untuk meningkatkan tingkat kelaktifan siswa. Untuk peneliti yang akan datang yang ingin mengadakan penelitian dengan perihal yang sama peneliti mengharapkan penelitian ini dapat berguna sebagai referensi. Mereka dapat mengadakan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan keaktifan siswa berdasarkan teori yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244996

Actions (login required)

View Item View Item