Utilizing electronic potofolio to facilitate peer and teacher review for improving students' writing ability / Ananda Lupita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Utilizing electronic potofolio to facilitate peer and teacher review for improving students' writing ability / Ananda Lupita Sari

Sari, Ananda Lupita (2014) Utilizing electronic potofolio to facilitate peer and teacher review for improving students' writing ability / Ananda Lupita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Ananda Lupita. 2014. Meningkatkan Keterampilan Menulis Berbahasa Inggris Siswa Melalui Penggunaan Portofolio Elektronik untuk Memfasilitasi Peer dan Teacher Review. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D Kata Kunci Keterampilan Menulis Portofolio Elektronik Peer Review Teacher Review Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan para siswa memiliki kemampuan menulis berbahasa Inggris yang rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya penggunaan dan menulis dalam Bahasa Inggris kurangnya feedback dari guru dan kosakata Bahasa Inggris yang dimiliki siswa. Maka peneliti menerapkan penggunaan portofolio elektronik untuk memfasilitasi kegiatan peer review dan teacher review secara online untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan menulis mereka. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang terdiri atas dua siklus. Siklus pertama terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi. Pada siklus pertama peneliti memberikan 3 kali penugasan dengan proses peer review teacher review dan kegiatan merevisi. Siklus 2 merupakan lanjutan dari penugasan yang dilakukan di siklus 1. Pada siklus 2 peneliti memberikan 2 kali penugasan dengan proses yang yang sama dengan yang dilakukan pada siklus 1. Penelitian ini dilakukan di SMK N 8 Malang dengan melibatkan 23 siswa Kelas X Mekatronika B. Penelitian dilakukan dari Januari hingga April 2014. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan peer dan teacher review dapat meningkatkan 4 aspek menulis yaitu aspek kosakata penggunaan grammar mekanisme penulisan dan koherensi. Siswa dapat meningkatkan semua aspek tersebut secara signifikan dan peningkatan yang dicapai siswa dapat diamati dalam portofolio elektronik yang mereka miliki. Para siswa juga cenderung tidak mengulangi kesalahan yang mereka buat karena sering menjumpai kesalahan tersebut. Penggunaan Edmodo sebagai tempat pembuatan portofolio elektronik juga sangat membantu para siswa karena Edmodo memiliki beberapa fitur yang sangat membantupara siswa untuk belajar dengan lebih baik dan menyenangkan. Penggunaan peer dan teacher review yang difasilitasi oleh portofolio elektronik sangat direkomendasikan bagi para guru Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan belajar dan motivasi siswa secara efektif. Hal ini terbukti dari kemampuan para siswa meningkatkan 4 aspek menulis mereka yaitu kemampuan kosakata penggunaan grammar mekanisme menulis dan koherensi dalam tulisan mereka. Selain itu peneliti merekomendasikan penelitian lanjutan pada bidang yang sama terkait dengan lingkungan belajar atau aspek kebahasaan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244993

Actions (login required)

View Item View Item