Using vocabulary activity contained in big book to enhance vocabulary mastery in English as a Foreign Language for the eight graders / Puspa Tanjung Vianawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Using vocabulary activity contained in big book to enhance vocabulary mastery in English as a Foreign Language for the eight graders / Puspa Tanjung Vianawati

Vianawati, Puspa Tanjung (2014) Using vocabulary activity contained in big book to enhance vocabulary mastery in English as a Foreign Language for the eight graders / Puspa Tanjung Vianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Vianawati Puspa Tanjung. 2014. Using Big Book to Enhance Vocabulary Mastery in English as a Foreign Language for the Eighth Graders. Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisor Dra. Siti Nurul Muthmainnah M.A. Kata kunci penggunaan big book penguasaan kosa kata Penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas 8 dengan menggunakan big book dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di kelas 8.1 SMPN 3 Tulungagung siswa cenderung memiliki kesulitan dalam mengingat dan memahami arti dari kosa kata yang diajarkan oleh guru mereka. Para siswa cenderung mudah melupakan kosa kata baru dan terkadang mereka tidak tahu bagaimana pengucapan kosa-kata tertentu. Dari hasil tes awal penguasan kosa kata dapat dilihat bahwa siswa tidak menguasai kosa kata dengan baik. Desain dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dimana peneliti dan guru kelas bekerjasama. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa di kelas 8.1 SMPN 3 Tulungagung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara daftar pengamatan field notes tes kosa kata dan kuisioner. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menerapkan beberapa langkah dalam penggunaan big book yaitu memperkenalkan membaca cerita melalui big book mengerjakan vocabulary activity dalam big book dan memberi tes kosa kata. Dalam big book terdapat cerita berjudul Princess and the Pea dan Hansel and Gretel selain itu juga terdapat vocabulary activity dalam bentuk word ladder matching pictures synonym-antonym word match definition dan association/placing. Setelah penerapan big book peneliti menemukan bahwa penguasaan kosa kata siswa meningkat dan mencapai kriteria kesuksesan yaitu 70% siswa dikelas mampu memenuhi nilai minimum (75) dalam tes kosa kata. Dari hasil tes kosa kata pada Cycle I menunjukkan sebanyak 65 5% (19 dari 27) siswa yang mencapai nilai sama dengan atau lebih tinggi dari 75 tetapi hasil ini masih belum memuaskan. Kemudian hasil tes pada Cycle II menunjukkan sebanyak 81 5% (22 dari 29) siswa yang mencapai nilai sama dengan atau lebih tinggi dari 75 hasil ini telah mencapai kriteria kesuksesan. Berdasarkan daftar pengamatan dan kuisioner terbukti bahwa penggunaan big book dapat membuat siswa berpartisipasi dalam kegiatan belajar yang menyenangka dan hidup. Berdasarkan hasil temuan saran diberikan kepada guru-guru Bahasa Inggris disarankan untuk mengaplikasikan penggunaan big book dikegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Selain itu untuk peneliti-peneliti dimasa yang akan datang diharapkan penelitian ini bisa menjadi referensi untuk mengadakan penelitian yang berkaitan dengan penggunaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244985

Actions (login required)

View Item View Item