Using cooperative script to improve the vocabulary mastery of the fifth graders of sD Lab UM / Amirul Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Using cooperative script to improve the vocabulary mastery of the fifth graders of sD Lab UM / Amirul Setiawan

Setiawan, Amirul (2014) Using cooperative script to improve the vocabulary mastery of the fifth graders of sD Lab UM / Amirul Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiawan Amirul. 2014. Using cooperative script to improve the vocabulary mastery of the fifth graders of SD Lab UM. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Siti Muniroh S.Pd M.A. Kata Kunci Penguasaan vocabulary Cooperative script Siswa Sekolah Dasar 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam satu siklus penelitian yang memiliki 4 langkah yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 25 murid kelas 5 A program kelas internasional dari SD Lab UM. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti siswa-siswa memiliki masalah dalam penguasaan vocabulary. Penguasaan vocabulary disini berarti kemampuan siswa dalam mengingat dan memahami arti dari kata-kata sulit yang siswa temukan dalam teks explanation dan teks narrative. Siswa-siswa kesulitan dalam mengingat vocabulary dan mereka cenderung selalu menanyakan arti vocabulary tersebut pada guru mereka daripada membuka kamus. Hasil dari tes dalam studi pendahuluan juga menunjukkan bahwa mereka memiliki masalah dalam vocabulary karena hanya 3 dari 25 orang yang berhasil mencapai standar nilai. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan vocabulary bagi kelas 5 sekolah dasar dengan menggunakan strategi cooperative script pada aktivitas pembelajaran di kelas. Instrument-instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman interview guide ceklis observasi lembar observasi catatan lapangan tes-tes vocabulary questionnaire dan video recorder. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi cooperative script dapat meningkatkan penguasaan vocabulary siswa dengan menggunakan 6 langkah sebagai berikut pertama guru menyuruh siswa untuk belajar secara berpasangan ke dua guru membagikan teks atau materi dan siswa diminta untuk mencari kata-kata sulit dalam teks atau materi. Selanjutnya guru menetukan siapa yang menjadi pembicara dan pendengar pertama. Lalu pembicara membaca dan menanyakan kata-kata sulit yang ia temukan ke pendengar sedang pendengar harus mendengar dan menjawab arti dari kata-kata sulit yang telah ditanyakan. Setelah itu pembicara berganti peran menjadi pendengar begitu pula sebaliknya. Langkah terakhir guru mendiskusikan kata-kata sulit yang telah ditemukan bersama siswa. 12288 12288 12288 12288 Dari 25 siswa tercatat 21 siswa memperoleh nilai lebih tinggi atau setara dengan 80 setelah penggunaan strategi cooperative script pada aktivitas pembelajaran di kelas. Dari hasil ceklis observasi dan questionair strategi cooperative script juga terbukti dapat membuat siswa terlibat aktiv dalam atmosfer pembelajaran yang hidup dan menyenangkan. Pada akhirnya peneliti menyarankan untuk guru Bahasa Inggris di kelas dan guru Bahasa Inggris pada umumnya untuk menggunakan strategi cooperetaive script jika mereka memiliki masalah serupa di kelas mereka. Peneliti juga menyarankan peneliti ke depan agar menggunakan strategi cooperative script di lain skill seperti menulis dan di tingkatan siswa yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244982

Actions (login required)

View Item View Item