Developing a video animation of "Golden Cucumber" as a supplementary reading material for the eight graders of SMP Negeri 3 Malang / Ferry Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing a video animation of "Golden Cucumber" as a supplementary reading material for the eight graders of SMP Negeri 3 Malang / Ferry Fahmi

Fahmi, Ferry (2014) Developing a video animation of "Golden Cucumber" as a supplementary reading material for the eight graders of SMP Negeri 3 Malang / Ferry Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fahmi Ferry. 2014. Pengembangan Sebuah Video Animasi Timun Mas Sebagai Tambahan Materi Membaca Bagi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Emalia Iragiliati M.Pd Kata Kunci Video Animasi tambahan materi membaca Timun Mas siswa kelas VIII 12288 12288 12288 12288 Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah video animasi sebagai tambahan materi membaca bagi siswa kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 3 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan sebuah cerita dalam kegiatan membaca. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan adaptasi rancangan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Hyland (2003) yang terdiri atas delapan langkah yaitu (1) Survei Kebutuhan (2) Melakukan Survei Lapangan (3) Pengembangan Produk (4) Validasi Ahli (5) Revisi I (6) Uji Coba Lapangan (7) Revisi II dan (8) Produk Akhir. Instrumen dalam survei kebutuhan adalah kuisioner pedoman wawancara dan lembar observasi kelas. Data dari siswa dihitung dalam bentuk persentase sedangkan data dari guru dan catatan lapangan dijelaskan secara kualitatif. Data dari survei perlu digunakan sebagai dasar pertimbangan pengembangan media. Cerita Timun Mas dipilih berdasarkan dari hasil survei kebutuhan yang menyebutkan sebagian besar siswa tidak mengetahui cerita ini dan mereka lebih suka membaca cerita dongeng dari luar negeri. Diharapkan dari cerita Timun Mas para siswa dapat belajar untuk bertahan ketika mempunyai masalah dan tidak menyerah. Validasi materi dan media dilakukan oleh seorang dosen dan seorang guru bahasa Inggris dengan menggunakan instrumen berupa kuisioner validasi yang disediakan. Hasil dari kuesioner ini kemudian digunakan untuk merevisi produk sebelum diujicobakan. Data dari ahli dan guru dianalisis secara kualitatif sedangkan data dari uji coba dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Uji coba lapangan dilakukan sebanyak satu kali pada hari kamis 17 April 2014. Uji coba dilakukan pada satu kelas VIII.7 yang berjumlah tiga puluh tiga siswa. Hasil dari kuisioner yang diberikan menunjukkan bahwa siswa menyukai video animasi dan bisa menjawab pertanyaan pertanyaan. Ini bisa dilihat dari nilai rata rata mereka 86.6. Mereka tertarik untuk melihat video animasi yang berjudul Timun Mas. Data yang diperoleh dari kuisioner juga menunjukkan bahwa 55% dari siswa menyatakan video animasi tersebut sangat membantu dan 45% dari siswa menyatakan lumayan membantu mereka menjadi lebih mengerti dalam memahami teks bacaan sebuah cerita dan menjawab pertanyaan pertanyaan. Data ini bisa disimpulkan bahwa pengembangan video animasi dapat memotivasi siswa untuk memahami cerita dan membuat pembelajaran Bahasa Inggris menjadi menyenangkan. Produk ini diharapkan bagi guru Bahasa Inggris untuk penyelesaian masalah siswa dalam memberikan tambahan materi membaca. Untuk peneliti di masa mendatang diharapkan untuk membuat media yang bagus menyenangkan dan menarik dan dapat digunakan untuk seluruh siswa kelas delapan dengan menghiraukan kemampuan Bahasa Inggris mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244980

Actions (login required)

View Item View Item