Teacher talk in English teaching of acceleration class in SMP Negeri 5 Malang / Esa Maulisakina Wilma Ariyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Teacher talk in English teaching of acceleration class in SMP Negeri 5 Malang / Esa Maulisakina Wilma Ariyani

Ariyani, Esa Maulisakina Wilma (2014) Teacher talk in English teaching of acceleration class in SMP Negeri 5 Malang / Esa Maulisakina Wilma Ariyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulisakina W.A Esa. 2014. Teacher Talk In English Teaching of Acceleration Class In SMP Negeri 5 Malang. Sarjana Thesis English Department Faculty of Leters State University of Malang. Advisor Dr. Suharmanto M.Pd. Kata Kunci teacher talk pertanyaan guru feedback guru kelas akselerasi 12288 12288 12288 12288 12288 Salah satu dari strategi mengajar yang paling penting yang digunakan oleh guru adalah teacher talk. Dalam kelas teacher talk dianggap sebagai sumber masukan utama yang diterima oleh siswa. Oleh sebab itu penting bagi seorang guru Bahasa Inggris untuk menerapkan teacher talk yang sesuai untuk menciptakan komunikasi interaktif di dalam kelas. Tapi berdasarkan beberapa penelitian sebagian besar guru Bahasa Inggris tidak mampu untuk menciptakan komunikasi interaktif di dalam kelas. Untuk mengetahui permasalahan ini lebih jauh penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan teacher talk berdasarkan karakteristik fungsional yang berfokus pada pertanyaan guru dan feedback guru di kelas VII akselerasi di SMP Negeri 5 Malang. Penelitian ini dilakukan sebagai usaha untuk menjawab 2 rumusan masalah utama (1) Apa jenis teacher talk yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di kelas VII akselerasi di SMP Negeri 5 Malang (2) Apa jenis teacher talk yang paling dominan digunakan oleh guru kelas VII akselerasi di SMP Negeri 5 Malang 12288 12288 12288 12288 12288 Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris di kelas VII akselerasi. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrument utama karena dialah yang mengumpulkan dan menganalisis data. Sebagai tambahan peneliti juga menggunakan checklist untuk observasi dan catatan di lapangan untuk memperoleh data ya ng tepat untuk penelitian ini. Data utama dalam penelitian ini adalah ungkapan dalam bentuk pertanyaan dan feedback yang diutarakan oleh guru. Data utama diambil melalui observasi selama proses belajar mengajar di kelas dalam tiga kali pertemuan. Untuk mendukung data utama peneliti juga menggunakan data pendamping berupa catatan di lapangan. Proses analisa data dilakukan dalam empat tahap tahap pengumpulan data tahap penyortiran data tahap penyajian data dan tahap pembuatan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 12288 Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris di kelas VII akselerasi di SMP Negeri 5 Malang menggunakan semua tipe pertanyaan dan feedback yang telah disebutkan dalam karakteristik fungsional teacher talk seperti (1) pertanyaan procedural (10 12%) (2) pertanyaan konvergen (18 18%) (3) pertanyaan divergen (24 24%) (4) koreksi (21 21%) and (5) penilaian (25 75%). Dari tiga tipe pertanyaan pertanyaan divergen adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh guru. Sementara untuk feedback penilaian adalah jenis feedback yang paling sering diberikan karena guru memberikan informasi tentang performansi siswanya melalui jenis feedback ini. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Sebagian besar temuan dalam penelitian ini mendukung teori teacher talk yang ada. Seperti dapat dilihat dalam hasil penelitian guru mengaplikasikan semua jenis teacher talk berdasarkan karakteristik fungsional teacher talk. 12288 12288 12288 12288 12288 Guru Bahasa Inggris di kelas VII akselerasi disarankan untuk memberikan koreksi terhadap kasalahan berulang siswa dalam pelafalan dan struktur bahasa. Guru juga disarankan untuk memberikan feedback secara individual kepada siswa karena setiap siswa memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda satu dengan lainnya. Selain itu komentar dan saran dalam feedback yang diberikan harus fokus dan dapat dimengerti oleh siswa. Untuk peliti selanjutkanya disarankan agar meneliti bidang yang sama dengan program dan sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244979

Actions (login required)

View Item View Item