Improving the speaking ability of tenth graders of SMK Negeri 3 Malang using problem-based learning / Miftachul Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the speaking ability of tenth graders of SMK Negeri 3 Malang using problem-based learning / Miftachul Rohmah

Rohmah, Miftachul (2014) Improving the speaking ability of tenth graders of SMK Negeri 3 Malang using problem-based learning / Miftachul Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rohmah Miftachul. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas X JB 3 SMK Negeri 3 Malang Menggunakan Problem-Based Learning. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd M.A. Kata kunci problem-based learning berbicara penelitian tindakan kelas 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa kemampuan berbicara dengan Bahasa Inggris siswa kelas X JB 3 SMKN 3 Malang masih kurang memuaskan. Siswa tidak percaya diri dan kurang termotivasi pada kegiatan berbicara. Selain itu guru jarang memfasilitasi siswa dengan kegiatan berbicara yang variatif. Guru lebih sering melakukan kegiatan membaca dan menulis. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam proses belajar pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X JB 3 SMKN 3 Malang tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah panduan wawancara kuisioner lembar observasi catatan lapangan dan nilai berbicara siswa. Penelitian ini dinyatakan sukses ketika 50%siswa dapat meraih nilai minimum 3 pada semua aspek yang dinilai yaitu isi kelancaran dan ketepatan serta keaktifan siswa menunjukkan peningkatan di kedua siklus. 12288 12288 12288 12288 Hasil temuan menunjukkan bahwa Problem-Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris. Temuan pada Siklus 1 menunjukkan bahwa 85.7% siswa meraih nilai 3 atau lebih dalam penyampaian isi. Sedangkan dalam hal kelancaran berbicara hanya 48.5% siswa yang dapat mencapai ketuntasan minimal. Dalam hal ketepatan tata bahasa 60% siswa masih belum mencapai skor minimal. Meskipun beberapa siswa telah mencapai ketuntasan minimal yang ditetapkan namun masih ada nilai yang kurang pada satu atau dua aspek dari tiga aspek yang dinilai. Maka dari itu peneliti melaksanakan satu siklus lagi dengan merubah strategi dalam mempresentasikan maslah. Pada Siklus 2 peneliti memberikan pertanyaan bantuan untuk membantu siswa memperbaiki kelancaran dan ketepatan bahasa. Hasil akhir menunjukkan lebih dari 50% siswa mencapai standar ketuntasan minimal. Selain itu banyak siswa yang menujukkan keaktifan dan partisipasi mereka selama pelaksanaan strategi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Problem-Based Learning berhasil meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa dan juga memotivasi mereka dalam kegiatan berbicara. Guru Bahasa Inggris disarankan untuk menerpakan Problem-Based Learning dalam pembelajaran berbicara. Guru Bahasa Inggris juga disarankan untuk mengangkat masalah yang berkaitan dengan lingkungan siswa. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan strategi ini dengan materi berbeda dan tingkat pendidikan yang berbeda pula untuk mengetahui apakah strategi ini dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244977

Actions (login required)

View Item View Item