Improving the eleventh graders' listening skill by using metacognitive strategy at SMAN 1 Dampit / Pravianti Ayu Mirantiraras - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the eleventh graders' listening skill by using metacognitive strategy at SMAN 1 Dampit / Pravianti Ayu Mirantiraras

Mirantiraras, Pravianti Ayu (2014) Improving the eleventh graders' listening skill by using metacognitive strategy at SMAN 1 Dampit / Pravianti Ayu Mirantiraras. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mirantiraras Pravianti Ayu. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas XI melalui Strategi Metakognitif di SMAN 1 Dampit. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Siti Muniroh S.Pd. M.A. Kata Kunci strategi metakognitif pedagogical cycle kemampuan menyimak Menyimak adalah kemampuan yang dianggap sulit untuk dikuasai karena menyimak melibatkan proses yang kompleks seperti membedakan bunyi memahami kata-kata dan struktur kalimat dan menginterpretasikan tekanan dan intonasi.Kesulitan tersebut juga dialami oleh siswa SMAN 1 Dampit. Berdasarkan hasil penelitian awal diketahui bahwa kemampuan menyimak siswa tergolong rendah dan hanya 46% siswa yang tuntas. Kesulitan siswa dalam kegiatan menyimak dapat diminimalisasi melalui penggunaan strategi bernama strategi metakognitif. Strategi ini membantu siswa untuk mengetahui seberapa baik kemampuan mereka dalam menyimak dan membantu siswa untuk mengatur proses menyimak mereka. Strategi metakognitif melibatkan sebuah instruksi yang bernama pedagogical cycle yang menuntun siswa untuk memprediksi mengidentifikasi masalah memonitor dan mengevaluasi kemampuan menyimak mereka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang menggunakan strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas XI di SMAN 1 Dampit. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI IPA 3 yang masih menggunakan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah catatan lapangan lembar observasi tes menyimak dan MALQ (Metacognitive Awareness Listening Questionnaire). Dari penerapan strategi metakognitif dalam dua siklus diketahui bahwa strategi metakognitif mampu meningkatkan kemampuan menyimak dan kesadaran siswa terhadap tingkat kemampuan menyimaknya. Pada siklus pertama persentase siswa yang tuntas sebanyak 67% dan meningkat menjadi 83% di akhir siklus kedua. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari 77.5 di siklus pertama menjadi 82.6 di siklus kedua. Di samping itu kesadaran siswa terhadap kemampuan menyimak mereka juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari respon siswa terhadap MALQ. Dapat disimpulkan bahwa strategi metakognitif mampu meningkatkan kemampuan menyimak siswa dengan cara menuntun siswa untuk memprediksi informasi agar siswa memiliki pengetahuan awal berdiskusi untuk mengkonfirmasi dan memonitor pemahaman dan refleksi untuk mengevaluasi kemampuan menyimak. Guru bahasa Inggris diharapkan dapat mengimplementasikan strategi ini sehingga kemampuan menyimak siswa dan kesadaran siswa terhadap kemampuan menyimaknya meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244976

Actions (login required)

View Item View Item