The quality of an English coursebook entitled "When English Rings the Bell" 2013 edition for grade VII Junior High School based on 2013 curriculum / Febi Anindyakirana - Repositori Universitas Negeri Malang

The quality of an English coursebook entitled "When English Rings the Bell" 2013 edition for grade VII Junior High School based on 2013 curriculum / Febi Anindyakirana

Anindyakirana, Febi (2014) The quality of an English coursebook entitled "When English Rings the Bell" 2013 edition for grade VII Junior High School based on 2013 curriculum / Febi Anindyakirana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anindyakirana Febi. 2014. The Quality of an English Coursebook Entitled When English Rings the Bell 2013 Edition for Grade VII Junior High School with 2013 Curriculum. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. Kata Kunci buku teks pelajaran Bahasa Inggris kualitas Kurikulum 2013 Buku teks pelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam proses belajar mengajar terutama untuk negara yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing seperti di Indonesia. Buku teks pelajaran dapat berfungsi sebagai pedoman atau penuntun bagi guru agar dapat mengajarkan materi sesuai kurikulum dan kebutuhan siswa. Dalam kurun waktu terakhir ini pemerintah Negara Indonesia telah mengesahkan penerapan kurikulum baru yang disebut Kurikulum 2013. Untuk melengkapi implemetasi kurikulum baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyediakan buku teks pelajaran yang akan digunakan di dalam kelas tidak terkecuali buku teks pelajaran Bahasa Inggris. Berkenaan dengan hal ini evaluasi buku menjadi sangat penting karena belum ada evaluasi mengenai buku teks pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan Kurikulum 2013. Selain itu buku teks pelajaran dengan Kurikulum 2013 juga belum menunjukkan pengaruhnya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas terutama untuk menunjang kebutuhan siswa. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa baik kualitas buku teks pelajaran Bahasa Inggris dengan Kurikulum 2013 dalam menunjang kebutuhan siswa. Penelitian ini merupakan peneliatian analisis konten yang menggunakan descriptive kuantitatif sebagai rancangan penelitian. Data utama berupa buku teks pelajaran Bahasa Inggris berjudul When English Rings The Bell edisi 2013 untuk kelas VII SMP/Mts dengan menggunakan Kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa evaluatif checklist yang telah diujicobakan terlebih dahulu pada buku teks pelajaran lain dengan Kurikulum Satuan Pendidikan atau Kurikulum 2006. Variabel berupa criteria di dalam checklist telah dikembangkan dan disusun berdasarkan kriteria dari para ahli evaluasi buku teks pelajaran antara lain adalah BSNP Cunningsworth (1995) and Brown (2000). Terdapat Sembilan kriteria yang juga merupakan variable dalam checklist antara lain adalah (1) aims and obejctives (2) design layout and graphics (3) coursebook organization (4) language content (5) language skills (6) topic subject content social and cultural values (7) practice language style language form and language use (8) approach and method dan (9) teacher guidebook. Kegiatan analisis buku teks diadaptasi dari Cunningsworth yang dimulai dari tahap analisis menyeluruh dan mendalam tentang isi buku lalu pengecekan data menggunakan evaluatif checklist dengan pemberian skor pada setiap variabel kemudian diikuti dengan menginterpretasikan wawancara dan tahap terakhir adalah mendeskripsikan hasil temuan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa buku teks pelajaran Bahasa Inggris berjudul When English Rings the Bell edisi 2013 untuk kelas VII SMP/Mts dengan Kurikulum 2013 memenuhi ketentuan evaluasi buku teks sebesar 4.1 poin sehingga dapat diartikan bahwa buku ini memiliki kualitas baik sebagai buku teks pelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244973

Actions (login required)

View Item View Item