Using story pyramid strategy to improve rading comprehension of 11th grade students in SMAN 1 Kesamben / Susvia Cahyaning Mumpuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Using story pyramid strategy to improve rading comprehension of 11th grade students in SMAN 1 Kesamben / Susvia Cahyaning Mumpuni

Mumpuni, Susvia Cahyaning (2014) Using story pyramid strategy to improve rading comprehension of 11th grade students in SMAN 1 Kesamben / Susvia Cahyaning Mumpuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mumpuni S. C. 2014. Using Story Pyramid Strategy to Improve Reading Comprehension of 11th Grade Students in SMAN 1Kesamben. Skripsi S1 Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata Kunci membaca komprehensif story pyramid teks naratif Berdasarkan hasil awal diketahui bahwa siswa kelas XI IPS 3 at SMAN 1 Kesamben Blitar mengalami kesulitan dalam memahami bacaan teks naratif. Sebagian besar kesulitan mereka terletak pada pengetahuan mereka dalam memahami bagian- bagian dari struktur teks. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penggunaan media story pyramid diberikan kepada siswa untuk membantu siswa dalam membaca teks naratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca teks naratif. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 32 orang pada Semester II tahun ajaran 2013/2014. Selama proses penelitian peneliti dan guru bahasa Inggris kelas XI IPS 3 bersama-sama menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menyiapkan materi-materi yang terkait dan menyusun kriteria kesuksesan. Berdasarkan temuan-temuan selama proses penelitian terbukti bahwa penggunaan media story pyramid untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa berhasil meningkatkan kemampuan membaca siswa.Keberhasilan ini bisa dilihat dari hasil tes membaca siswa pada tiap siklus dan respon siswa terhadap pembelajaran. Dari hasil tes membaca di siklus pertama terdapat 94% siswa dapat mencapai criteria nilai minimum. Dalam siklus kedua nilai siswa meningkat terdapat 87.5% siswa yang dapat mencapai nilai minimum. Selain itu dari kuisioner yang diberikan kepada siswa diperoleh bahwa 97% siswa berpendapat bahwa penggunaan story pyramid sebagai media dalam membaca membuat mereka lebih mudah memahami bagian-bagian teks. Story pyramid memberikan gambaran bagian-bagian teks secara runtun. Selain itu siswa juga lebih senang dan lebih aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitin peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan story pyramid dapat membatu meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca naratif texts. Selain itu guru Bahasa Inggris kelas IPS 3 and para guru bahasa Inggris di SMAN 1 Kesamben Blitar disarankan untuk memakai story pyramid sebagai media dalam pembelajaran membaca. Para peneliti selanjutnya juga diharapkan bisa menggunakan media ini untuk di terapkan pada pembelajaran yang sama atau melibatkan subyek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244972

Actions (login required)

View Item View Item