The quality of English module for the twelve graders at SMKN 2 Singosari / Desti Ayu Ruhiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

The quality of English module for the twelve graders at SMKN 2 Singosari / Desti Ayu Ruhiyati

Ruhiyati, Desti Ayu (2014) The quality of English module for the twelve graders at SMKN 2 Singosari / Desti Ayu Ruhiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ruhiyati Desti Ayu. 2014. The Quality of English Module for the Third Graders at SMKN 2 Singosari. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. Kata Kunci Modul Buku pelajaran Bahasa Inggris evaluasi isi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kualitas modul Bahasa Inggris yang berjudul Modul Bahasa Inggris SMK yang diterbitkan oleh CV Hayati Tumbuh Subur dalam memenuhi kriteria buku pelajaran bahasa Inggris yang baik. SEcara spesifik penelitian ini bertujuan untuk menganalisis modul dalam hal (1) relevansi buku dengan kurikulum (2) desain (3) organisasi (4) bahasa (5) sajian keterampilan berbahasa (6) topik (7) pertimbangan aspek praktis. Desain penelitian ini adalah deskriptif untuk mendeskripsikan modul bahasa Inggris yang digunakan oleh kelas XII di SMKN 2 Singosari. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah rubrik penilaian. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum modul dapat digunakan sebagai bahan ajar dengan persentase 91 42% memenuhi kriteria buku pelajaran bahasa Inggris yang baik. Dalam hal relevansi buku dengan kurikulum modul ini diklasifikasikan sangat baik. Dalam hal desain modul dikategorikan sebagai cukup baik. Dalam hal organisasi modul diklasifikasikan sebagai sangat baik. Dalam hal bahasa modul diklasifikasikan sebagai sangat baik. Dalam hal sajian keterampilan berbahasa modul diklasifikasikan sebagai sangat baik. Dalam hal topik modul diklasifikasikan sebagai sangat baik. Yang terakhir dalam hal pertimbangan aspek praktis modul ini diklasifikasikan sebagai baik. Berdasarkan temuan tersebut penulis modul disarankan untuk meningkatkan kualitas modul dengan mencantumkan beberapa aspek yang belum disediakan secara khusus dalam modul seperti kemampuan berbicara pembendaharaan kata tatabahasa dan latihan-latihan pelafalan pada setiap unit dalam modul sebagai latihan atau penjelasan. Penerbit diharapkan untuk meningkatkan kekuatan fisik modul agar modul tidak mudah rusak atau sobek dengan menggunakan kertas yang lebih berkualitas. Selain itu penerbit juga diharapkan dapat memperbaiki penampilan modul dengan memilih sampul yang lebih memiliki banyak warna dan menarik minat murid. Guru bahasa Inggris kelas XII diharapkan untuk mencari atau menyediakan bahan ajar alternatif sebagai bahan ajar pendukung untuk modul ini dalam rangka memaksimalisasi proses belajar mengajar karena modul ini belum dilengkapi dengan beberapa aspek penting seperti kemampuan berbicara kosa kata tatabahasa dan latihan pelafalan. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu rujukan dan disarankan untuk membuat atau mengadaptasi kriteria yang lebih banyak agar dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244971

Actions (login required)

View Item View Item