The use of instructional media in teaching English for young learners at TK Laboratorium of State University of Malang / Rany Ketrina Wolantery - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of instructional media in teaching English for young learners at TK Laboratorium of State University of Malang / Rany Ketrina Wolantery

Wolantery, Rany Ketrina (2014) The use of instructional media in teaching English for young learners at TK Laboratorium of State University of Malang / Rany Ketrina Wolantery. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wolantery Rany Ketrina. 2014. The Use of Instructional Media in Teaching English for Young Learners at TK Laboratorium UM. Skripsi Fakultas Sastra Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Rachmajanti Dip.TESL. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran pengajaran bahasa Inggris pebelajar usia muda. Menurut Fachrurrazy (2012) pebelajar usia muda memiliki waktu konsentrasi yang pendek dan mudah merasa bosan. Ketika seorang guru mengajar bahasa Inggris kepada pembelajar usia mudah mereka harus membuat beberapa media yang dapat mendukung lingkungan (Fachrurrazy 2012). Pebelajar muda lebih memahami benda kongkrit dibandingkan dengan benda abstrak. Dengan kondisi tersebut peneliti melakukan sebuah penelitian di TK Laboratorium UM untuk menggambarkan beberapa poin. Pertama untuk mengamati kepantasan media pembelajaran yang digunakan. Kedua untuk mengamati cara penggunaan media pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian in adalah dua guru bahasa Inggris dan dua puluh satu siswa dari TK B Dolphin Bilingual Laboratorium UM. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan lima macam instrumen antara lain lembar observasi angket siswa wawancara guru dan dokumentasi. Data yang sudah di kumpulkan kemudian di analisis melalui tiga cara yaitu mengenali dan menyusun memberi kode meringkas dan menginterpretasikan ( Ary et al. 2006 ). Penemuan dari penelitian penggunaan media di TK Laboratorium UM disajikan seperti berikut. Pertama media pembelajaran yang digunakan guru di kelas tidak sesuai dengan kriteria. Kedua hasil dari wawancara guru yang memperkenalkan persiapan guru dalam memilih materi dan media. Pada wawancara guru dibahas permasalahan selama guru menggunakan alat bantu pembelajaran untuk pembelajar usia muda dan aktifitas siswa ketika menggunakan alat bantu belajar. Ketiga pertanyaan siswa yang mana memperkenalkan pendapat siswa tentang alat bantu belajar yang digunakan guru. Siswa lebih menyukai alat bantu belajar yang memiliki gambar karena dengan gambar dapat membantu siswa untuk melihat benda secara langsung. Untuk meningkatkan penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Inggris peneliti memberikan beberapa saran untuk TK Laboratorium UM guru bahasa Inggris dan peneliti yang lain. Pertama peneliti menyarankan kepada TK Laboratorium UM peneliti berharap sekolah dapat menyiapkan lebih banyak lagi media yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa. Kedua kepada guru bahasa Inggris di TK B agar harus dapat menciptakan media yang lain yang dapat menunjang pembelajaran bahas Inggris bagi pembelajar mudah dan menyiapkan media dan diri mereka sebelum memulai activitas belajar. Ketiga kepada peneliti yang lain yang akan menjadikan TK Laboratorium sebagai subjek saran kepada mereka yaitu agar lebih fokus kepada media yang digunakan guru dalam pembelajaran dan bagaimana strategi untuk meningkatkannya menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244961

Actions (login required)

View Item View Item