A study on the English teaching and learning process particularly on the speaking skills of eight grade students at Bina Bangsa School Malang / Umbu Tonga - Repositori Universitas Negeri Malang

A study on the English teaching and learning process particularly on the speaking skills of eight grade students at Bina Bangsa School Malang / Umbu Tonga

Tonga, Umbu (2014) A study on the English teaching and learning process particularly on the speaking skills of eight grade students at Bina Bangsa School Malang / Umbu Tonga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tonga Umbu. 2014. Sebuah Studi dalam Proses Belajar dan Pembelajaran Bahasa Inggris Khususnya dalam Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas 8 di Sekolah Bina Bangsa Malang. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. H. Ali Saukah M.A. Ph.D. Kata Kunci Kurikulum Sekolah Bina Bangsa Bahasa Inggris sebagai medium dalam proses belajar dan pembelajaran kemampuan Bahasa Inggris peserta didik. Sebagaimana banyak institusi pendidikan di Indonesia telah membangun jejaring global untuk menghadapi tantangan globalisasi adalah hal yang menarik untuk mengetahui bagaimana jejaring ini mempengaruhi institusi pendidikan di Indonesia. Berdasarkan fakta ini peneliti melakukan penelitian di Sekolah Bina Bangsa Malang yang menggunakan kurikulum Singapura dengan adopsi kurikulum Cambridge untuk mengetahui pengaruh kurikulum tersebut terhadap proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris khususnya kemampuan berbicara peserta didik. Karena kurikulum tersebut sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris peserta didik diwajibkan untuk menggunakan bahasa Inggris di setiap mata pelajaran dalam proses belajar dan pembelajaran. Sekolah Bina Bangsa berdiri di Malang yang penduduknya berbicara Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. Penggunaan Bahasa Inggris sebagai medium dalam proses belajar dan pembelajaran merangsang peserta didik untuk menjadi pelajar multi bahasa yang baik. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan studi mendalam. Peneliti mewawancarai kepala sekolah dan guru Bahasa Inggris untuk mengetahui kurikulum dan sistem yang digunakan oleh sekolah. Selama penelitian peneliti membuat catatan lapangan. Peneliti mengobservasi mata pelajaran Bahasa Inggris dan Sastra Inggris di kelas 2 Charity SMP. Peneliti melakukan rekaman video selama proses belajar dan pembelajaran. Karena dalam mata pelajaran Sastra Inggris peserta didik berinteraksi lebih aktif dengan guru peneliti mentranskripsi video tersebut. Transkripsi video menunjukkan bagaimana cara guru mengajar peserta didik durasi interaksi antara guru dan peserta didik dan juga deskripsi bicara peserta didik dalam hal kelancaran pelafalan tata bahasa kosa kata dan isi. Kebanyakan peserta didik mampu berbicara Bahasa Inggris dengan baik karena mereka selalu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris di sekolah. Tetapi mereka tetap melakukan beberapa kesalahan minor dalam tata bahasa dan dalam pemilihan kata yang tepat ketika mereka berbicara. Seperti dikatakan oleh guru Bahasa Inggris dalam wawancara kebanyakan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam Bahasa Inggris lulus dari sekolah dasar di luar Sekolah Bina Bangsa.Tentu saja adalah hal yang normal bagi peserta didik yang bahasa utamanya bukan Bahasa Inggris untuk tetap melakukan kesalahan tata bahasa. Sekolah Bina Bangsa mengadopsi kurikulum Cambridge yang menawarkan penggunaan Bahasa Inggris sepenuhnya. Ini merupakan salah satu alasan mengapa peserta didik dapat berbicara dalam Bahasa Inggris dengan baik. Guru Bahasa Inggris dan guru Sastra Inggris mengajar dengan kreatif kepada peserta didik sehingga mereka dapat menikmati pelajarannya. Kebanyakan peserta didik mampu berbicara dalam Bahasa Inggris dengan baik juga dengan kelancaran pelafalan kosakata dan isi yang baik. Tetapi mereka masih melakukan kesalahan dalam tata bahasa. Guru Bahasa Inggris diharapkan untuk menguasai Bahasa Indonesia agar dapat mengetahui dengan baik mengapa peserta didik membuat kesalahan yang dipengaruhi oleh bahasa utama mereka. Peneliti juga menyarankan agar guru Bahasa Inggris dapat mengajarkan tata bahasa Inggris secara eksplisit. Dan untuk peneliti lain yang tertarik untuk melakukan penelitian yang sama diharapkan agar mengobservasi mata pelajaran lain selain Bahasa Inggris agar dapat mengetahui bagaimana peserta didik menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244960

Actions (login required)

View Item View Item