Off-task behavior of eleventh graders during English lessons in SMK Negeri 11 Malang / Cadar Syifa Arumbi - Repositori Universitas Negeri Malang

Off-task behavior of eleventh graders during English lessons in SMK Negeri 11 Malang / Cadar Syifa Arumbi

Arumbi, Cadar Syifa (2014) Off-task behavior of eleventh graders during English lessons in SMK Negeri 11 Malang / Cadar Syifa Arumbi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arumbi Cadar Syifa. 2014. Perilaku Tak Acuh Peserta Didik Kelas Sebelas selama Pembelajaran Bahasa Inggris di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris Fakutas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Furaidah M.A. Kata Kunci Keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran Perilaku tak acuh. Keterlibatan peserta didik merupakan salah satu faktor penting terhadap keberhasilan proses belajar terutama di lingkup Pelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Keterlibatan dapat diukur melalui perilaku peserta didik selama pembelajaran Bahasa Inggris. Identifikasi perilaku tak acuh terhadap peserta didik sangat penting dilakukan utuk membantu guru dalam mengantisipasi terjadinya perilaku menyimpang dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa jenis aktivitas yang mencerminkan perilaku tak acuh beberapa penyebab perilaku tak acuh dan respon guru terhadap peserta didik yang berperilaku tak acuh selama pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Hasil penelitian ini juga menyajikan persentase jumlah peserta didik yang kerap menunjukkan perilaku tak acuh selama pembelajaran sekaligus perkiraan waktu belajar efektif yang digunakan oleh peserta didik kelas XI selama pelajaran Bahasa Inggris di SMK Negeri 11 Malang. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti melakukan observasi selama lima pertemuan pelajaran Bahasa Inggris terkait aktivitas dan perilaku 27 peserta didik di salah satu kelas XI di SMK Negeri 11 Malang meminta peserta didik untuk mengisi kuisioner secara anonim dan melakukan wawancara kepada guru Bahasa Inggris yang mengajar kelas tersebut dan beberapa peserta didik yang cenderung memunculkan perilaku acuh dan tak acuh selama pembelajaran Bahasa Inggris. Kemudian data dianalisis untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil analisis menunjukkan adanya kecenderungan para peserta didik kelas XI di SMK Negeri 11 Malang untuk berperilaku tak acuh selama pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini didukung oleh beberapa aktivitas yang mencerminkan perilaku tak acuh yaitu 94% dari peserta didik kelas XI tertidur bermain HP melamun ngobrol corat-coret dan mondar-mandir selama kegiatan belajar Bahasa Inggris. Bahkan dalam satu kali tatap muka terdapat lebih dari 10 orang peserta didik yang menunjukkan perilaku tak acuh. Sebaliknya peserta didik dapat belajar secara efektif hanya dalam kurun waktu 15-35 menit. Di samping itu beberapa respon yang diberikan guru Bahasa Inggris terhadap peserta didik yang berperilaku tak acuh diantaranya mengajukan pertanyaan memanggil nama dan memberikan sindiran. Perilaku tak acuh tersebut dilatarbelakangi adanya pengaruh faktor-faktor internal dan eksternal. Faktor- faktor internal meliputi faktor demografis/personal yaitu rendahnya motivasi diri dan persepsi negatif peserta didik terhadap pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan faktor-faktor eksternal meliputi faktor-faktor sosial dan institusional seperti kurangnya motivasi dari lingkungan pengaruh negatif dari perkembangan IPTEK ketidakjelasan peraturan institusi dan sikap guru. Peneliti menyarankan guru Bahasa Inggris di SMK Negeri 11 Malang untuk membaca hasil penelitian skripsi ini guna mengantisipasi adanya perilaku tak acuh peserta didik serta menjaga atmosfir belajar yang positif selama pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif di dalam kelas. Hasil temuan juga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru yang hendak melakukan penelitian tindakan kelas terkait implementasi aktivitas belajar yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Di samping itu hasil temuan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi peneliti lain yang tertarik untuk mengetahui perilaku tak acuh peserta didik dalam proses pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244959

Actions (login required)

View Item View Item