Improving the skill of the eleventh grade students of MA Nurut Tauhid Wonorejo Lumajang in writing descriptive text through iterative model / Evi Rani - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the skill of the eleventh grade students of MA Nurut Tauhid Wonorejo Lumajang in writing descriptive text through iterative model / Evi Rani

Rani, Evi (2014) Improving the skill of the eleventh grade students of MA Nurut Tauhid Wonorejo Lumajang in writing descriptive text through iterative model / Evi Rani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rani Evi. 2013. Improving the Skill of Eleventh Grade Students of MA Nurut Tauhid Wonerejo Lumajang in Writing Descriptive Text Through Iterative Model. Undergraduate Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisor Drs. Andi Muhtar M.A. Kata Kunci menulis strategi P.O.W.E.R kemampuan menulis sikap siswa 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari penelitian awal di kelas XI IPA MA Nurut Tauhid Wonorejo Lumajang diketahui bahwa nilai siswa dalam menulis deskriptif teks sangat rendah. Siswa memiliki masalah dalam kegiatan menulis di antaranya kemampuan untuk mengatur ide penyusunan dan tata bahasa. Selain itu siswa memiliki sikap negatif terhadap kegiatan menulis serta kurangnya motivasi untuk menulis. Oleh karena itu peneliti melakukan sebuah penelitian guna meningkatkan nilai menulis siswa serta mengubah pandangan siswa terhadap kegiatan menulis. Peneliti mengajukan iterative model untuk mengatasi masalah menulis siswa. Iterative model merupakan salah satu metode pembelajaran menulis yang mencakup beberapa tahap penulisan di antaranya tahap planning drafting revising dan tahap editing. Iterative model menekankan pada pengulangan prosedur dalam menulis dengan cara menukar tulisan siswa yang satu dengan yang lain pada pertemuan berikutnya. Di samping itu proses menukar tulisan siswa antara periode feedback dari guru dilakukan agar siswa tidak bosan dalam menulis topik yang sama. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap penelitian yaitu perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Nurut Tauhid Wonorejo Lumajang pada semester kedua tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari empat belas siswa. Peneliti menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk wawancara kuisioner field note observation checklist dan lembar kerja. 12288 12288 12288 12288 Temuan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa iterative model dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Nilai siswa dalam menulis serta pandangan siswa terhadap kegiatan menulis meningkat. Iterative model dapat membantu siswa lebih mudah dalam mengembangkan ide. Strategi yang digunakan meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam hal mengatur ide penyusunan dan tata bahasa. Iterative model juga memotivasi siswa untuk menyenangi kegiatan menulis. Di samping itu siswa senang dengan adanya proses menukar dan merevisi draft tulisan. Siswa senang dengan aktivitas dalam penerapan iterative model. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengisian kuisioner oleh siswa serta dari hasil observation checklist. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari penelitian ini peneliti memberikan saran kepada guru Bahasa Inggris dan peneliti selanjutnya. Guru Bahasa Inggris disarankan untuk mengadopsi iterative model sebagai strategi dalam mengajar writing dikarenakan strategi ini dapat membantu siswa untuk lebih mudah dalam kegiatan menulis. Iterative model dapat meningkatkan nilai siswa serta memberi siswa motivasi siswa dalam menulis. Sedangkan peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan menggunakan iterative model dalam populasi yang lebih banyak. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan strategi ini untuk semua jenis teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244958

Actions (login required)

View Item View Item